KOLABORASI GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 69 BANDA ACEH

Authors

  • Indri Aulia Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh
  • Nurhayati Ali Hasan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurrahmi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Kolaborasi Guru dan Pustakawan, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan

Abstract

Skripsi ini bertajuk "Kolaborasi Guru dan Pustakawan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk kolaborasi antara guru dan pustakawan dalam proses pembelajaran berbasis perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 15 informan yang terdiri dari pustakawan, 4 guru, dan 10 siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi kolaborasi antara guru dan pustakawan dalam proses pembelajaran berbasis perpustakaan. Bentuk kolaborasi yang terwujud meliputi Cooperative Learning, Inquiry-Discovery Learning, dan Problem Based Learning. Beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan pustakawan meliputi ketidaknyamanan siswa, kekurangan sumber daya manusia, koleksi yang tidak terkini, serta ruang perpustakaan yang kurang luas dan menarik. Sebagai solusi, guru dan pustakawan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menyampaikan hasil pembelajaran, dan guru melakukan upaya untuk membuat perpustakaan lebih menarik dengan membuat himbauan belajar atau media pembelajaran yang kreatif, sehingga pembelajaran berbasis perpustakaan dapat berjalan dengan lancar.

References

Bakhtiyar, “Pembelajaran Berbasis Perpustakaan Sebagai Aspek Kekuatan Utama Mewujudkan Kualitas Prestasi Belajar Siswa : Peran Guru dalam Pembudayaan Layanan Jasa Informasi Perpustakaan dari Sudut Pandang Perspektif Sosiologi”, Jurnal INOVASI, Vol. 20, No. 2, 2018.

Harun D. Simarmata, “Pendidikan Karakter Berbasis Kelas: Sebuah Pemahaman”, Jurnal Pendidikan PENABUR, No. 32, 2019.

Jazimatul Husna, “Embedded Librarian: Kolaborasi Pustakawan di Era Informasi”, Jurnal ANUVA, Vol. 3, No. 4, 2019.

Khusniati Rofi’ah, “Mewujudkan Pembelajaran Berbasis Perpustakaan di Perguruan Tinggi”, Jurnal Pustakaloka, Vol. 1, No. 1, 2009.
Maryati, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Mosharafa, Vol. 7, No. 1, 2018.
Nur Kholis, “Library-Based Learning: Menuju Kualitas Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi”, (Makalah Workshop Pengembangan Jaringan Perpustakaan di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam Seluruh Indonesia, Perpustakaan IAIN Sunan Ampel, Surabaya, Januari 14-18, 2007).
Nur Endah Sulistyorini, Penerapan Cooperative Learning n dalam pengajaran speaking pada materi asking and giving opinion, diakses pada tanggal 2 mei 2024 pada situs https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/download/43083/pdf.
Resti Ardianti, dkk. “Problem Based Learning: Apa dan Bagaimana” Journal for Physics Education and Applied Physics, Vol. 3, No. 1, 2021.
Retno Sayekti, “Pembelajaran Berbasis Perpustakaan: Sebuah Pemikiran Model Pembelajaran di Pendidikan Tinggi Agama Islam”, Jurnal Analytical Islamica, Vol, 9, No, 1, 2007.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016).
S. Manaf, “Peran Pustakawan dalam Perkembangan Perguruan Tinggi”, Jurnal RI’AYAH, Vol. 5, No. 01, 2020.
Siti Rulyah, “Profesi Pustakawan: Tantangan dan Peluang”, Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, Vol. 34, No. 1, 2018.
Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993).
Syahraini Tambak, “Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” Jurnal Al-Hikmah, Vol. 14, No. 1, 2017.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Tri Adriyani Malik, “Sistem Pengadaan dan Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Buton”, Skripsi, (Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin, 2012).

Wahid, Kolaborasi, Graf Komunikasi, dan Produktivitas Peneliti dalam Penulisan Karya Ilmiah, diakses pada tanggal 18 September 2023 dari situs https://digilib.undip.ac.id/2012/05/11/kolaborasigraf-komunikasidan-produktivitas-peneliti-dalam-penulisan-karya-ilmiah/.
W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Grasindo), 2004.

Yoke Herlyana, “Peran Pustakawan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah SMAN 81 Jakarta”, Skripsi, Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015.
Yuliana, “Kolaborasi Pustakawan dan Guru dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Pesantren Shalahuddin Al-Munawarah Kabupaten Gayo Lues Aceh”, Skripsi, (Banda Aceh: Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2021.

Downloads

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles