TRADISI SEDEKAH BUMI PARA PETANI DI BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Muhamad Nandang Sunandar UIN Banten
  • Jainul Abidin UIN Banten
  • Zaenal Abidin UIN Banten
  • Ali Amran UIN Banten

Keywords:

Kata kunci: Tradisi sedekah bumi, keagamaan, makna tradisi

Abstract

Tradisi Sedekah Bumi adalah upacara adat atau tradisi sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki kepada manusia dalam bentuk hasil bumi. Pada masyarakat di Balaraja Kabupaten Tangerang, warga yang bekerja sebagai petani memiliki tradisi yang biasa mereka lakukan setiap panen, nama tradisinya yaitu tradisi Sedekah Bumi. Tradisi Sedekah Bumi dilakukan setelah panen, pada tradisi sedekah bumi hampir seluruh masyarakat yang ada di dalamnya terlibat dalam merayakan sedekah bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sejarah sedekah bumi di Balaraja, mengetahui rangkaian tradisi, dan ingin mengetahui makna yang terkandung dalam pelakasanaanya. Di Balaraja pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi ini dilakukan di dekat pintu air sawah. Masyarakat berkumpul disana dengan membawa hasil bumi mereka berupa nasi tumpeng dan lauk pauk. Lalu pemimpin dari tradisi Sedekah Bumi ini adalah dari seorang ustadz atau tokoh masyarakat setempat. Kemudian seorang pemimpin ini yang akan memimpin membaca doa

 

References

Asal-Usul Balaraja yang Kental Warisan Budaya, https://koropak.co.id/17165/asal-usul-balaraja-yang-kental-warisan-budaya, diakses pada 06 Maret 2024 Pukul 19.00 Wib.
Asal-Usul Balaraja yang Lekat dengan Unsur Budaya, https://tangerangkab.go.id diakses pada 06 Maret 2024 Pukul 23.00 Wib.
Firmansyah Andang. Modul Sejarah Lokal Berbasis Muatan Kearifan Lokal Masyarakat Kalimatan Barat, Jawa Tengah : Penerbit Lakeisha,, 2022.
Koentrajaningrat, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jakarta : Jambatan, 1975.
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi Pokok-pokok Etnografi II, Jakarta: Rineke Cipta, 2005.
Setiawan, Lilik, Aniq Luthfillah, dkk, Fenomena Sosial Keagamaan Masyarakat Jawa Dalam Kajian Sosiologi, Guepedia : Jawa Tengah, 2021.
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : Grafindo Persada, 2006.
Ulumi Helbi F.B, Filosofi Magi, Serang : LP2M IAIN SMH BANTEN, 2016.

Downloads

Published

2024-07-05

Issue

Section

Articles