REVIEW LITERATUR PRAKTIKUM GAS CHROMATOGRAPHY (GC) BERBASIS INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSIA LOGIKA DAN PERMODELAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.22373/amina.v6i3.6282Keywords:
Pembelajaran model Inquiri Terbimbing , Inferensia Logika, Permodelan Matematikan, Gas Kromatografi (GC).Abstract
Pembelajaran sains yang berbasis Inquiry diharapkan mampu melatih peserta didik belajar meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa yaitu misalnya keterampilan inferensi logika dan pemodelan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kembali (review) beberapa literature tentang efektivitas penerapan model-model pembelajaran Inquiry terbimbing yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar terhadap peningkatan kedua keterampilan tersebut. Telah banyak penelitian yang menggunakan desain eksperimen untuk menguji model-model tersebut, termasuk model pembelajaran berbasis Inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur beberapa Artikel berkaitan dengan model Inquiri dalam kegiatan praktikum, terutama dengan praktikum Gas Chromatography (GC). Hasil penelitian menjelaskan praktikum dengan pendekatan Inquiry terbimbing pada beberapa literatur menujukkan bahwa model tersebut mampu meningkatkan keterampilan ilmiah siswa dalam menganalisis materi kriteria GC.
References
Amalia, V.A dan Avianti, V (2017). Repowering Lembar Kerja Siswa Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas VII Pada Topik Pemisahan Campuran dengan Metode Kromatografi Kertas. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Burak, F. (2009). Investigation of the Relationship between Science Process Skills with Efficient Laboratory Use and Science Achievement In Chemistry Education. Journal of Turkish Science education, 6 (3) : 114-132.
Depdiknas (2003), Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Deters, K. M. (2005). Student Opinions Regarding Inquiry-Based Labs. Journal of Chemical Education, 82 (8): 1178.
Guo Jing, Zhou Qing & Wang Yan. (2010). Promoting Preservice Teachers’ Critical Thinking Skills by Inquiry-Based Chemical Experiment. Jurnal: Procedia Social and Behavioral Sciences, (2)(2): 4597–4603.
Gurleen, K (2020), Gas Chromatography–A Brief Review,” International Journal Of Information And Computing Science, Department of forensic Science and Toxicology, University Institute of Applied Health Sciences, Chandigarh University, Gharaun, Mohali, Punjab, India (5)(7)124-131
Junaidi, Gani, A dan Mursal (2016), Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, (04), (02) 130-136, 2016 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Katchevich, D & Hofstein, A. (2013) Argumentation in the Chemistry Laboratory: Inquiry and Confirmatory Experiments. Research in Science Education Journal. (43)(1) 317-345.
Sarlivanti,S (2014) Jurnal Pendidikan and Sains Indonesia, “Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga” Jurnal Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (02)(01)75–86.
Sesen, B & Tarhan, L (2013). Inquiry-Based Laboratory Activities in Electrochemistry: High School Students’Achievements and Attitudes. Research in Science Education Journal.43(1):413- 435.
Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Lemlit UPI: Laporan Penelitian.
Wenning, C. J. 2010. Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal of Physics Teacher Education Online, (5)(3) 11-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mukhlis makhlis mukhtar, Munawarah Munawarah S, Suyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Amina Journal a uses license CC-BY SA
Amina Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Amina Journal is made to allow users to trace back to the original manuscript and author.
Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.