Studi Komparatif Metodologi Penafsiran dalam Tafsir Marāḥ al-Labīddan Tafsir Jalālayn

Authors

  • marzuki123 Marzuki UNISNU Jepara
  • Rahma Aliya UNISNU JEPARA
  • Alvin Wahyu Herliana UNISNU JEPARA

DOI:

https://doi.org/10.22373/quranicum.v2i1.5994

Keywords:

Tafsir Jalalayn, Tafsir Marah Labid, Perbandingan Tafsir

Abstract

Abtract: This research examines the methodology of interpretation by comparing the book of Tafsir Marāḥ al-Labīd by Sheikh Nawawi al-Bantany with the book of Tafsir Jalālayn by imam Jalaluddin al-mahalli and imam Jalaluddin as-Suyuthi. The method in this study fully uses the library research method, all data is taken from library literacy which consists of primary data and secondary data. This writing aims to find out the similarities and differences in methodology between Tafsir Marāḥ al-Labīdand Tafsir Jalālayn. The way of interpreting Tafsir Marāḥ al-Labīdis called the tahlili method (analysis) with the style of tafsir bil ma'tsur, while Tafsir Jalālayn uses the ijmali method, which is written by directly explaining the word from the perspective of its sharaf, not at length, explaining the meaning of the word or muradif of the word if it has not been known or containing a certain meaning with the pattern of tafsir bi al-Ra'yi.

Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang metodologi tafsir dengan membandingkan Tafsir Marāḥ al-Labīd karya Syekh Nawawi al-Bantani dan Tafsir Jalālayn Karya Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Imam Jalaluddin as-Suyuthi. Penelitian ini menggunakan metode library research, dengan mengumpulkan data dari literatur kepustakaan yang terdiri dari data primer dan sekunder. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan metodologi antara kedua kitab tafsir tersebut. Tafsir Marāḥ al-Labīd menggunakan metode tahlili dengan corak tafsir bil ma’tsur, yang menekankan pada penafsiran berdasarkan hadis dan riwayat. Sedangkan Tafsir Jalālayn menggunakan metode ijmali, yaitu penjelasan singkat mengenai makna kata atau frasa, dengan corak tafsir bi al-ra’yi, yang lebih mengutamakan penalaran rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan prinsipil dalam pendekatan tafsir antara keduanya, serta kontribusinya terhadap pemahaman teks al-Qur’an dalam konteks tradisional.

 

References

Al-Bantani, Nawawi. Marâh Labîd Tafsîr Annawawî. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, 2006.

Aldomi Putra. “Metodologi Tafsir.” Jurnal Ulunnuha 7 (2018): 41–66.

Ali Setiyawan, Said. “ANALISIS METODOLOGI TAFSIR MARAH LABID : TAFSIR MUNIR KARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI.” El-Mu’Jam. Jurnal Kajian Al Qur’an Dan Al-Hadis 2, no. 2 (December 12, 2022): 43–53. https://doi.org/10.33507/EL-MUJAM.V2I2.1017.

Anwar, Safirah Farahiyah. “Kontribusi Tafsir Bil Ma ’ Tsur Dan Tafsir Bil Ra ’ Yi Serta Dilematik Dalam Khazanah Penafsiran.” Kalam Al Gazali : Education and Islamic Studies Journal 2, no. 1 (2025): 53–65.

Bahary, Ansor. “TAFSIR NUSANTARA: Studi Kritis Terhadap Marah Labid Nawawi Al-Bantani.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (2015): 176. https://doi.org/10.18860/ua.v16i2.3179.

———. “TAFSIR NUSANTARA: Studi Kritis Terhadap Marah Labid Nawawi Al-Bantani.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (December 30, 2015): 176–90. https://doi.org/10.18860/UA.V16I2.3179.

Faqih, Muhammad Ikhsanul. “Konstruksi Pemikiran Madzhab Asy’ari Dalam Tafsir Jalalain.” Aqwal: Journal of Qur’an and Hadis Studies 2, no. 2 (December 20, 2021): 300–319. https://doi.org/10.28918/AQWAL.V2I2.6022.

Faruq, Umar Al, Noni Sherlya Yasmin Ramadhani, Nimas Ifthinatun Nabila, and Wahyu Adi Nugroho. “Mengulik Seni Tafsir: Menganalisis Teknik Dan Ragam Metode Dalam Tafsir.” Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 1, no. 4 (2024): 216–21.

Hidayat, Ahmad Wahyu, and Muhammad Iqbal Fasa. “SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DAN PEMIKIRANNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 17, no. 2 (December 27, 2019): 297–317. https://doi.org/10.18592/KHAZANAH.V17I2.3209.

Hidayat, Hamdan. “SEJARAH PERKEMBANGAN TAFSIR AL-QUR’AN.” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 01 (May 9, 2020): 29–76. https://doi.org/10.24239/AL-MUNIR.V2I01.46.

Isa, Zulman Malaka; Abdullah. “Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Bagi Yang Bertaqwa Dalam Tafsir Jalalain Surat Al-Baqarah Ayat 1-6.” Jurnal Keislaman 6, no. 1 (March 1, 2023): 105–15. https://doi.org/10.54298/JK.V6I1.3700.

“Marahul Labid: Kitab Tafsir Al-Qur’an Cita Rasa Nusantara.” Accessed April 17, 2025. https://www.nu.or.id/tafsir/marahul-labid-kitab-tafsir-al-qur-an-cita-rasa-nusantara-HKMWe.

Maryam R. Aisy, Indah Fatiha, Jihaddifa, Jendri. “Mengupas Ragam Bentuk Penafsiran Al- Qur ’ an.” Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat 2, no. 1 (2025): 299–311. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i1.392 Available.

Muhammad Al-Zarqani. Manāhil Al-‘Irfān Fī ‘Ulūm Al-Qur’Ān. Kairo: Darul Ilmiah, 2020.

Muqoddas, Ali, Pengawas Madrasah Pada Kantor, Kementerian Agama, Kabupaten Demak, Dosen Fakultas, Tarbiyah Dan, Ilmu Keguruan, and Unisnu Jepara. “SYEIKH NAWAWI AL-BANTANI AL-JAWI ILMUAN SPESIALIS AHLI SYARAH KITAB KUNING.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (January 1, 2014). https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V11I1.186.

Niswatul Malihah, and Tapa’ul Habdin. “Metodologi Tafsir Marah Labid Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani.” At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 2 (2023): 74–90. https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i2.260.

Parhani, Aan. “Metode Penafsiran Syekh Nawawi Al-Bantani Dalam Tafsir Marah Labid.” Tsaqofah Dan Tarikh 1 (2013): 9.

Shihab, M. Quraish. KAIDAH TAFSIR: Syarat, Ketentuan, Dan Aturan Yang Patut Anda Ketahui Dalam Memahami Ayat-Ayat Al-Quran. Cet. V. Ciputat: Lentera Hati, 2013.

Stit, Iwantoro, and Muhammadiyah Bangil. “PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF SYEKH NAWAWI AL BANTANI AL JAWI.” JIE (Journal of Islamic Education) 4, no. 2 (2019): 153–63. https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/124.

Syahrin, Abu. “Agama Dan Filsafat Perennial Perspektif Seyyed Hossein Nasr.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 1, no. 1 (2019): 1–24. https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i1.4034.

Ummi Kalsum Hasibuan, Risqo Faridatul Ulya, and Jendri Jendri. “Tipologi Kajian Tafsir: Metode, Pendekatan Dan Corak Dalam Mitra Penafsiran Al-Qur’an.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 2, no. 2 (2020): 96–120. https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i2.9.

Yanggo, Huzaemah Tahido. “AL-QUR’AN SEBAGAI MUKJIZAT TERBESAR.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah 1, no. 2 (December 30, 2016): 1–26. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2186.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Marzuki, marzuki123, Aliya , R., & Alvin Wahyu Herliana. (2025). Studi Komparatif Metodologi Penafsiran dalam Tafsir Marāḥ al-Labīddan Tafsir Jalālayn. QURANICUM: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 100–114. https://doi.org/10.22373/quranicum.v2i1.5994

Issue

Section

Articles