Strategi Pengelolaan Emosi dalam Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • Abdul Wahid
  • Zatil Iesmah Binti Mohamad Yusof University Sultan Zainal Abidin (UniSZA)
  • Nuraini Nuraini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/quranicum.v2i1.5800

Keywords:

Emosi, Psikoterapi Islam , Al-Qur'an

Abstract

Abtract: Islam is a religion that contains high spiritual values that are proven to be able to solve human psychological problems through the therapy of the Qur’an. Islamic psychotherapy is divided into two categories. First, it is mundane in the form of psychological treatment approaches and techniques through the results of human efforts in the form of certain therapeutic techniques. Second, is ukhrawi, in the form of guidance on moral, spiritual and religious values. In the Qur'an, the expression of potential, function and human emotional management is directly related to human behavior. The writing of this thesis uses the type of library research by finding the term verses about emotions and then analyzed by the Qur'anic verses by using the books of interpretations to explain the verses and assisted by writing writing related to the discussion. When one feels negative emotions such as sadness can be managed by training themselves patient, forgiving and dhikrullah as exemplified by the prophets who have been told through the Qur'anic verses.

Abstrak: Islam adalah agama yang mengandung nilai-nilai spiritual tinggi dan menawarkan solusi terhadap permasalahan psikologis manusia melalui terapi Al-Qur’an. Psikoterapi Islam terbagi menjadi dua kategori. Pertama, psikoterapi duniawi yang menggunakan pendekatan dan teknik psikologis hasil daya upaya manusia. Kedua, psikoterapi ukhrawi yang berbasis pada nilai moral, spiritual, dan agama. Dalam Al-Qur’an, konsep potensi, fungsi, dan manajemen emosi manusia dikaitkan langsung dengan perilaku individu. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan mengkaji ayat-ayat tentang emosi dalam Al-Qur’an dan menganalisisnya menggunakan kitab-kitab tafsir klasik dan kontemporer. Kajian ini juga didukung oleh literatur psikologi Islam yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif, seperti kesedihan, dapat dikelola melalui kesabaran, pemaafan, dan dhikrullah, sebagaimana dicontohkan dalam kisah para Nabi dalam Al-Qur’an.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmawati., dkk. Pengantar Psikologi. Kuala Lumpur: Perpustakaan Negara Malaysia, 2015.

Andriyani, Juli. ‘Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis, Dalam,Jurnal Al-Taujih. Nomor 2, (2019): 52.

A’toa, Ahmad dan Mardiana. ‘Zikir dan Tafakkur Asas Psikoterapi Islam, Dalam, Jurnal Pengajian Islam. Nomor 1, (2021):211.

Al-Qurthubi. Tafsir Al-Qurthubi. Terjemahan Fathurrahman. Jakarta: Pustaka Setia, 2008.

Al-ghoni, Burhanudin, Dede Satria Putra, Muhammad Faiq, Al Ghifari, and Ahmad Nurrohim, ‘Kajian Al-Qur’an Pendekatan Sosiologis : Lingkungan Dan Kewajiban Manusia Dalam Al-Qur ’an Qur’an’, Dirasah: Jurnal Kajian Islam, 2.1 (2025), pp. 83–92 <https://litera-academica.com/ojs/dirasah/index>

Ali Daud Hasibuan, Hadis Purba, ‘Tujuan Penciptaan Manusia: Perspektif Ilmu Kalam, Tasawuf, Filsafat, Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam’, ALACRITY : Journal Of Education Volume, 4.2 (2024), pp. 330–41

Asti Amelia, ‘Perbandingan Akal, Nafsu, Dan Qalbu Dalam Tasawuf’, Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8.1 (2023), pp. 231–41

A’toa, Ahmad dan Mardiana. ‘Zikir dan Tafakkur Asas Psikoterapi Islam, Dalam, Jurnal Pengajian Islam. Nomor 1, (2021):211.

Barni, Mahyuddin. Emosi Manusia Dalam Al-Qur’an. Banjarmasin: Antasari Press, 2014.

Chakim, Lutfil. “Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an”. Skripsi Tafsir Hadis, Semarang, 2018.

Faizah dan Lalu Muchsin Effendi. Psikilogi Dakwah. Jakarta: Prenadamedia, 2006.

Hastuti, Kharisman, Ahmad Mujahid, Muhammad Yusuf, ‘Pengembangan Potensi Kecerdasan Manusia Menurut Al-Quran’, Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10.2 (2024), pp. 782–97, doi:10.31943/JURNAL_RISALAH.V10I2.850

Jamil, Mohd Nazaruddin. “Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tentang Penciptaan Tujuan dan Tugas Manusia”. Skripsi Tafsir Hadis, UIN Ar-Raniry, 2011.

Nasir, Muhammad, ya Asep Nana Sonja, and Kerwanto, ‘Tafsir Ilmi Tentang Penciptaan Manusia Dalam Tafsir Al-Jawahir Karya Thanthawi Jawhari’, Al Kareem: Jurna Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir, 1.2 (2024), pp. 129–54

Nazaruddin bin Jamil, Mohd, ‘Manusia Dalam Perspektif Al-Quran(Kajian Tentang Penciptaan, Tujuan Dan Tugas Manusia”’ (UIN Ar-Raniry, 2011)

Nurliati, Atti, ‘Ruh Dalam Al-Qur’an Analisis Penafsiran Prof. DR. M. Quraish Shihab Atas Surat Al-Isra’ Ayat 85’, 2011 <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/178> [accessed 13 April 2025]

Resanjani, Riski, ‘Implikasi Pedagogik Al-Qur’an Surat Al-Isra’Ayat 85 Tentang Pendidikan Ruhani : Analisis Ilmu Pendidikan Islam’, 2023

Sobur, Alex, Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah (Pustaka Setia, 2003)

Musa, Norhafizah., dkk. ‘Psikoterapi Islam Menurut Al-Qur’an dan Al-Sunnah dalam Mengurus Tekanan Pesakit Kanser Payudara, Dalam, Journal Of Social Sciences And Humanity, (2018): 134-135.

Ulya, Miftah. ‘Konstruk Emosi Marah Perspektif Al-Qur’an, Dalam,Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Nomor 1, (2020): 28.

Zulkarnain. ‘Emosional: Tinjauan Al-Qur’an dan Relevansinya Dalam Pendidikan, Dalam,Jurnal Pendidikan Islam. Nomor 2, (2018): 89-91.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wahid, A., Mohamad Yusof, Z. I. B., & Nuraini, N. (2024). Strategi Pengelolaan Emosi dalam Perspektif Al-Qur’an. QURANICUM: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 85–100. https://doi.org/10.22373/quranicum.v2i1.5800

Issue

Section

Articles