ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMP
Keywords:
Berpikir Reflektif, Kemampuan Awal MatematikaAbstract
Berpikir reflektif merupakan suatu cara berpikir seseorang dalam mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan pengetahuan yang sedang diperlajari untuk menganalisa masalah dan memberikan peyelesaikan terhadap permasalahan yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek peneliti adalah 3 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang mewakili tingkatan kemampuan awal yaitu kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah yang diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan awal. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri, soal tes kemampuan awal, soal tes berpikir reflektif dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pemberian STPBRM 2 dilaksanakan seminggu setelah pemberian STPBRM 1. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses berpikir reflektif siswa berkemampuan awal tinggi melalui setiap indikator pada fase reacting, elaborating dan contemplating. (2) Proses berpikir reflektif siswa berkemampuan awal sedang melalui indikator pada fase reacting, elaborating dan contemplating. Namun pada fase contemplating siswa belum cukup teliti saat menyelesaikan masalah sehingga siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. (3) Proses berpikir reflektif siswa dengan kemampuan awal rendah melalui sebagian indikator pada setiap fase berpikir reflektif.