The Teachings Of Sufism In QS. Al-Ashr [103]: 1-3 In Tafsir Al-Burhan By Abdul Karim Amrullah
DOI:
https://doi.org/10.22373/kulminasi.v1i1.4162Keywords:
al-‘ashr, haji rasul, tasawuf, al-burhanAbstract
Interpretasi Al-Qur’an mau tidak mau harus dilakukan oleh para mufasir sebagai upaya untuk menjawab¬¬ realitas yang berkembang di masyarakat, termasuk penafsiran dalam konteks keindonesiaan. Penafsiran yang dilakukan oleh ulama Indonesia memiliki keunikan tersendiri khususnya dalam menafsirkan ayat-ayar yang berhubungan dengan ajaran tasawuf. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan ajaran tasawuf yang terkandung dalam QS. Al-Ashr [103]: 1-3 dalam tafsir Al-Burhan yang merupakan kitab tafsir yang ditulis oleh Abdul Karim Amrullah. Terdapat dua permasalahan dalam penelitian ini, (1) bagaimana ajaran tasawuf dalam QS. Al-Ashr [103]: 1-3 dalam Tafsir Al-Burhan? (2) Faktor apa yang melatar belakangi munculnya penafsiran tersebut?. Dalam pada itu, untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan content analysis. Hasil dari kajian ini adalah ajaran tasawuf yang disajikan oleh Abdul Karim Amrullah dalam tafsirnya bahwa maksud dari masa yang disampaikan kepada manusia tidak bertujuan untuk menikmati dunia yang condong kepada kerugian melainkan kepada akhirat yang merupakan tempat sekekal-kekalnya bagi manusia. Hal ini pula yang berbeda dengan penafsiran lainnya yang kerap mengaitkannya dengan manajemen waktu yang orientasinya pada realitas dunia. Selain itu lahirnya penafsiran ini dilatar belakangi dengan pengaruh atas realitas sosial dan latar belakang pendidikan Abdul Karim Amrullah selama menyebarkan ajaran agama Islam di Minangkabau.
References
Amrullah, Abdul Karim. Al-Burhan. Padang: Percetakan Baroe Fort de Kock, 1927.
Amrullah, Abdul Malik Karim. Tasauf Modern. Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1981.
Anshori, Afif. Dimensi-Dimensi Tasawuf. Bandar Lampung: CV. TeaMs Barokah, 2016.
Badrudin. Pengantar Ilmu Tasawuf. Serang: Penerbit A-Empat, 2015.
Drianus, Oktarizal. “The Existential-Spiritual of Development of Elderly: Thematic Review & Islamic Interpretation of Al-Ashr.” Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling 1, no. 1 (2021): 1–19. https://doi.org/10.32923/couns.v1i1.1734.
Dzikara, Mabda. Jaringan Keilmuan Guru Tharīqah ‘Alawiyyah Di Betawi Abad Ke-19 Dan 20 M. Tesis. Cengkareng: TareBooks, 2020.
Faqihudin, Muhammad, Bakti Toni Endaryono, and Tjipto Djuhartono. “Trie Masa Pendidikan Intelektual Dalam Perspektif Islam (Studi Analisis Al-Qur’an Surat Al-Ashr 1-3).” Jurnal Faktor Ilmu Kependidikan 6, no. 3 (2019): 255–62.
Fath, Amir Faishol, Dia Hidayati Usman, and Supriadi. “Kritik Terhadap Mufassir Dalam Penggunaan Metode Dan Pendekatan Penafsira Al-Qur’an.” Jurnal Asy-Syukriyyah 22, no. 254–269 (2021).
Firdaus. “Konsep Manajemen Waktu Dalam Surat Al ’Ashr (Kajian Semiotika Al-Qur’an).” JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2022): 1–18.
Fitri, Sofia Ratna Awaliyah, and Tanto Aljauharie Tantowie. “Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan Dalam Al-Qur’an Surat Al-’Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi.” Tarbiyah Al-Aulad 2, no. 1 (2017): 1–22. https://doi.org/10.4135/9781483346427.n97.
Hakim, Abdul. “Tarekat Alawiyyah Di Kalimantan Selatan: Sebuah Telaah Unsur Neo-Sufisme Dalam Tarekat.” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 10, no. 1 (2011): 19–38. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v10i1.928.
Hamka. Ayahku, Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amarullah Dan Perjuangan Kaum Agama Di Sumatera. Jakarta: Widjaya, 1958.
Helfi. “Kritik Abdul Karim Amrullah Terhadap Rabitah Di Minangkabau Dalam Tafsir Al-Burhan.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 12, no. 2 (2018): 481–506. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10.
Humam, Abdul Wadud Kasyful. Satu Tuhan Seribu Jalan. Yogyakarta: FORUM, 2013.
Murtaza MZ, Ahmad, and Muhammad Mulkan. “Makna Toleransi Perspektif Tafsir Al-Burhan Di Dalam Surat Al-Kafirun.” J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam 6, no. 1 (2021): 65–77. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2214.
Nisa, Mir’atun. “Manajemen Waktu Santri Tahfidz Daar Al-Furqon Kudus (Kajian Surah Al-Ashr Dalam Tafsir Al-Mishbah).” Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 14, no. 1 (2020): 113–28. https://doi.org/10.1234/hermeneutik.v14i1.6818.
Parveen, Shahida, Muhammad Rashid Hafeez, and Muhammad Shahbaz. “Stylistic Analysis of the Surah Al-Asr and Its Thematic Implication.” AL-Ilm 4, no. 1 (2020): 1–10.
Putra, Aldomi. “Tafsir AlQuran Minangkabau Epistemologi, Lokalitas Dan Dialektika (Studi Kitab Tafsir Al-Burhan, Risalah Al-Qaul Al-Bayan Fi Tafsir Al-Qur’an, Dan Al-Da’wah Wa Al-Irsyad Ila Sabil Al-Rasyad).” Institut PTIQ Jakarta, 2020.
Putra, Apria, and Ahmad Chairullah. Bibliografi Karya Ulama’ Minangkabau Awal Abad XX Dinamika Intelektual Kaum Tua Dan Kaum Muda. Padang: Komunitas Suluah (Suaka Luhung Naskah) Indonesia Heritage Centre, 2011.
Ramadhani, Wali. “Bintu Syati’ Dan Penafsirannya Terhadap Surah Al-‘Asr Dalam Kitab At-Tafsir Al-Bayani Lil Qur’Anil Karim.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 3, no. 2 (2018): 265–81. https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i2.717.
Rosyid, Moh. “Potret Organisasi Tarekat Indonesia Dan Dinamikanya.” Religia 21, no. 1 (2018): 78–95. https://doi.org/10.28918/religia.v21i1.1507.
Saputra, Akhmadiyah, and Balqis. “Penafsiran Surah Al-’Ashr Dalam Tafsir Al-Maraghi.” Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir 2, no. 1 (2022): 1–11.
Sholihin, Mukhtar. “TAREKAT ALAWIYYAH Konsep Ajaran Tarekat Alawiyyah Pada Pondok Pesantren Masyhad An-Nur Desa Cijurai, Sukabumi – Jawa Barat (Analisis Filisofis).” Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 4, no. 2 (2019): 39–57. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i2.9374.
Siswayanti, Novita. “Haji Abdul Karim Amrullah Ulama Pembaharu Islam Di Minangkabau.” Dialog 39, no. 1 (2016): 33–42.
Sumaith, Zain bin Ibrahim bin. Thariqah Alawiyah Jalan Lurus Menuju Allah, Terj. Husin Nabil. منشورات جامعة دمشق. Vol. 1999. Tangerang Selatan: Penerbit Nafas, 2008.
Suteja. Tasawuf Di Nusantara Tadarus Tasawuf Dan Tarekat. Cirebon: CV. Aksarasatu, 2016.
Taufiqurrohman. “Ikhlas Dalam Perspektif AlQuran (Analisis Terhadap Konstruk Ikhlas Melalui Metode Tafsir Tematik).” Eduprof : Islamic Education Journal 1, no. 2 (2019): 279–312. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.3.
Zazin, Nur, and Galuh Nashrulloh Kartika MR. “Manajemen Organisasi Tanpa Korupsi Perspektif QS. Al-‘Ashr (103): 1-3.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2018): 195–213. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-10.
Zulmuqim. “Pembaharuan Islam Di Indonesia Awal Abad XX : Studi Terhadap Pemikiran Dr. H. Abdul Karim Amrullah.” Disertasi. UIN Sunan Kalijaga, 2001.
———. “Renewal of the Islamic Education of Minangkabau: Study of Education Thinking Abdul KarimAmrullah, Abdullah Ahmad And Rahmah El-Yunusiyah.” Al-Ta Lim 22, no. 2 (2015): 155–64. https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/139/132.