Peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Melakukan Pencegahan Dampak Covid-19 di Masyarakat

Authors

  • Muhammad Sulthan Alfaraby Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Syafrina Sari Lubis Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.894

Keywords:

Community organization, covid-19 prevention

Abstract

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sejatinya adalah salah bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian. Namun, Kuliah Pengabdian Masyarakat juga bisa menjadikan peluang implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bentuk lainnya yakni pengajaran dan penelitian. Mahasiswa dituntut memiliki kreativitas dan perilaku inovatif guna memenuhi ketiga hal tersebut. Dalam penelitian kali ini penulis ingin mewujudkan menjadi 3 hal sempurna dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat ini sebagai bentuk wujud pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan salah dan selanjutnya merubah menjadi penelitian. Sehingga diharapkan hal ini dapat menjadi perbandingan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian Organisasi Masyarakat di lapangan.

References

Ali. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa. 2000.

Badan Diklat Provinsi Bali. Pariwisata Berbasis Warisan Budaya (Heritage Tourism), Denpasar: Bpd Bali. 2014.

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Indonesia. Bidang Riset Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Universitas Indonesia. 2011.

Edi, Suharto. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama. 2005.

Herninda Pitaloka. “The Economic Impact Of Covid 19 Outbreak: Evidence From Indonesia,” Jurnal Inovasi Ekonomi. Vol. 5, No, 3. 2007.

Soerjono. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Soerjono, Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. 2012.

Sriharini. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pt. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara. 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017. Suryadi Adi. Rekonstruksi Civil Society Wacana dan Aksi Ornop Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Lp3s Indonesia. 2006.

Syardiansyah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam 7, No. 1. 2019.

Syardiansyah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa” Jurnal Jim Upb Vol, 7, No,1. 2019.

Tri Pranadji. Naskah Akademik Ruu Tentang Organisasi Kemasyarakatan. Jakarta. 2012.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Sulthan Alfaraby, M., & Sari Lubis, S. (2022). Peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Melakukan Pencegahan Dampak Covid-19 di Masyarakat. urnal iset an engabdian asyarakat, 2(2), 241–248. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.894