Dampak Penggunaan Gedget Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak-anak di Gampong Tumbo Baro
Keywords:
gadgets, pembelajaran, anak-anak, dampak positif, dampak negatif, Gampong Tumbo baroAbstract
Penggunaan gadget di era digital saat ini telah menjadi fenomena yang tidak terelakkan, termasuk di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap peningkatan pembelajaran anak-anak di Gampong Tumbo Baro . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memiliki dampak positif maupun negatif terhadap pembelajaran anak-anak. Di satu sisi, gadget mempermudah akses terhadap informasi, menyediakan media pembelajaran interaktif, dan meningkatkan minat belajar. Namun, di sisi lain, penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, penurunan kemampuan sosial, dan ketergantungan pada teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengawasan dan pendampingan oleh orang tua, pengaturan waktu penggunaan gadget, serta optimalisasi konten pembelajaran berbasis teknologi untuk memaksimalkan manfaat gadget dalam proses belajar anak-anak. Dengan pengelolaan yang tepat, gadget dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran di Gampong Tumbo Baro .
Kata kunci: gadget, pembelajaran, anak-anak, dampak positif, dampak negatif, Gampong Tumbo baro
References
Prasetyo, A., Utomo, B., & Dewi, C. Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 2023 hlm 45-60.
Nurhidayah, L., & Utami, R. Durasi Penggunaan Gadget dan Dampaknya pada Prestasi Belajar Anak. Jurnal Psikologi Anak, 8(1), 2022 hlm 20-35.
Maulana, R., Syafrina, D., & Hidayat, S. Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Keluarga, 10(3), 2021 hlm 105-118
Saputra, H., & Handayani, T. Efek Aplikasi Edukasi Berbasis Game terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 2022 hlm 78-92.
Yulianti, N., Hidayati, F., & Akbar, R. Kebiasaan Anak dalam Menggunakan Gadget dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 15(1), 2023 hlm 50-65.
Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005),
Dedy Mulyana, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000), 201
Oktaviani, R., & Anwar, Y. Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2021 hlm 23-34.
Ally, M. Designing Human-Centered Mobile Learning Applications. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 13(1), 2019 hlm 75-89.
Buckingham, D. Media Education: Literacy, Learning, and Contemporary Culture. Cambridge: Polity Press. 2013