Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus di KB-TK Smart Kids, Kecamatan Dau Malang Jawa Timur

Authors

  • Rahmi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Children with special needs, dedication,, shadow teacher,

Abstract

Sudah menjadi tugas seorang pendidik dan lembaga pendidikan untuk menyediakan wadah yang dapat memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus. Selain penyediaan layanan pendidikan inklusif, aspek yang sering diabaikan oleh Institut adalah penyediaan guru pendamping atau guru pendamping dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Lembaga Pendidikan Anak Pintar merupakan salah satu lembaga yang menyediakan hal tersebut. Oleh karena itu, Sekolah Karya Mahasiswa yang terintegrasi dengan MBKM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim melakukan terapi dan pendampingan terhadap guru dalam pembelajaran reguler guna mendukung untuk memastikan proses pembelajaran anak di sekolah inklusi dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya. Selain program dukungan, siswa juga melakukan sosialisasi perkembangan, dukungan kelas, dan pembuatan rencana pembelajaran individu untuk anak berkebutuhan khusus.

References

Ediyanto, Puspitasari, E. P., Cahya, S. G. “Terapi Anak Berkebutuhan Khusus”. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom, 2023.

Kalalo Debie, K. R., Tambingon, H. N., Rotty, V, N, J. “Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia”. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, Vol. 4, No. 2, hlm. 41-47, 2022.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “Data Satuan Pendidikan Pelaksana Pendidikan Inklusi”, https://dapo.kemdikbud.go.id/. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/data-sebaran-satuan-pendidikan-penyelenggara-pendidikan-inklusif-spppi-jenjang-sd, 2023.

Pratiwi, Wiwik. “Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar”. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1, 2018.

Usup., Madi, M. S., Hataul. S., & Satiawati, C. “Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 4, No. 2, hlm. 196–204, 2023.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Rahmi. (2025). Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus di KB-TK Smart Kids, Kecamatan Dau Malang Jawa Timur. urnal iset an engabdian asyarakat, 5(1), 53–60. etrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/jrpm/article/view/4744