Pendampingan Pengenalan Huruf Hijayyah pada Anak-anak Melalui Metode Iqra (Studi di Desa Pakat Jeroh, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah)

Authors

  • Hayatul Nufus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Arifin Abdullah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Muhammad Nur Mahdi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Farid Maulana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Pria Ningsih Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Putri Deva Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Ti Safur Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Mira Hayami Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Alfahran Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.4472

Keywords:

Al-Qur’an; metode iqra; pengabdian masyarakat

Abstract

Pendampingan pengenalan huruf hijayyah kepada anak-anak melalui metode iqra bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana efektivitas metode iqra dalam pendampingan terhadap anak-anak untuk mempelajari dan mengenali huruf hijaiyyah?, (2) Bagaimana efektivitas metode iqra terhadap pembelajaran huruf-huruf bersambung dalam membaca Al-Qur’an?, (3) Bagaimana pengaruh metode iqra dalam meningkatkan kesadaran anak terhadap pentingnya membaca Al-Qur’an dalam kehidupan mereka?. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendampingan, pembinaan dan praktik melalui teknik observasi dan wawancara. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pakat Jeroh, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah ini diikuti sebanyak 15 anak. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui pendampingan, pembinaan dan praktik. Evaluasi kegiatan dilakukan setiap 5 kali dalam seminggu melalui tes baca Qur’an dengan Iqra. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan pengenalan huruf hijayyah kepada anak melalui metode iqra berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan sesuai dengan harapan tim pelaksana pengabdian, yaitu: pertama, anak mampu mengetahui serta mengenal jelas huruf-huruf yang terdapat dalam al-Qur’an dengan benar, karena banyak huruf hijayyah yang serupa namun berbeda bacaannya seperti huruf ح dengan huruf خ dan ه, huruf ا dan ع, huruf ك dan ق, huruf ظ dan ض dan sebagainya. Kedua, anak mampu membaca al-Qur’an dengan huruf-huruf yang bersambung dan ketiga, bertambahnya kesadaran anak akan pentingnya membaca Al-Qur’an.

References

Anggita, Suci. Hermawati, Nurhasanah. "Pengaruh Penggunaan Metode Iqra' Terhadap Kemampuan membaca Al-Qur'an Pada Peserta Didik Di TPQ Aisyiyah Binjai." Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP) 32-54. 2023.

Bahril, Hidayat. Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosains. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Indonesia: State Islamic University Sunan Kalijaga, 2017.

Nur, Latifah. "Pembelajaran Al Qu'an Pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini." Journal of Instructional and Development Researches 41-47. 2023.

Said, Salim Daulay, Adinda Suciyandhani, Sopan Sofian, Juli Julaiha, Ardiansyah. "Pengenalan Al-Quran." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 472-480. 2023.

Suara, Muhammadiyah. www.suaramuhammadiyah.id. 2023. Juli 22. Accessed April 10, 2024.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Nufus, H., Abdullah, A. ., Nur Mahdi, M., Maulana, F. . ., Ningsih, P. ., Deva Sari, P. ., Ti Safur, Mira Hayami, & Alfahran. (2024). Pendampingan Pengenalan Huruf Hijayyah pada Anak-anak Melalui Metode Iqra (Studi di Desa Pakat Jeroh, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah). urnal iset an engabdian asyarakat, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.4472