Perubahan Kurikulum dalam Kesiapan Guru

Authors

  • Rizki Lukmariadi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zubaidah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.3931

Keywords:

Curriculum adaptation, educational challenges, teacher limitations

Abstract

Perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan mempengaruhi guru dan siswa secara signifikan. Artikel ini membahas dampak perubahan tersebut dan tantangan yang dihadapi oleh para pendidik. Penyesuaian terhadap metode pengajaran, integrasi teknologi, dan perhatian terhadap keberagaman siswa menjadi fokus utama dalam mengadaptasi kurikulum baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis dengan memadukan permasalahan lapangan dan teori dari literatur. Kurikulum dipahami sebagai evolusi mata pelajaran yang terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan. Faktor-faktor yang memengaruhi perubahan kurikulum meliputi filosofi pendidikan, tuntutan masyarakat, faktor politik, dan perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, perubahan ini memerlukan perencanaan yang hati-hati guna meminimalkan dampak negatif pada kualitas pendidikan. Terkait dengan implementasi, terdapat keterbatasan yang dihadapi oleh guru dalam menerima perubahan kurikulum secara berkelanjutan. Konsistensi pendidikan juga memerlukan regulasi yang kokoh serta keselarasan antara perubahan kurikulum dengan visi jangka panjang sekolah. Kesimpulannya, perubahan kurikulum mempengaruhi aspek penting dalam pendidikan. Namun, manajemen yang cermat dan pengakuan terhadap keterbatasan para pendidik sangatlah penting untuk menjaga kualitas pendidikan yang optimal.

References

Budiyono, A. “Konsep Kurikulum Terintegrasi: Analisis Kurikulum Formal dengan Pesantren”. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, hlm. 66-84, 2021.

Hikmah, M. “Makna Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan”. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, Vol. 15, No. 1, hlm. 458-463, 2020.

Indy, R., Waani, Fonny J., Kandowangko, N. “Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” Journal of Social and Culture, Vol. 12, No. 4, hlm. 5, 2019.

Kementerian Pendidikan Indonesia, Evaluasi Kurikulum 2019, Jakarta: Kementerian Pendidikan, 2019.

Kurniawan, Aris. Masalah Pendidikan Di Indonesia: Dampak Perubahan Kurikulum. Diperoleh Dari Academia.Edu, 2011.

Langgulung, H. Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 2003.

Listiana, H. Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Imtiyaz, 2016.

Lundeberg, M.A., and Levin, B.B. Prompting The Development of Preservice Teachers Beliefs Through Cases, Action Research, Problem-Based Learning and Technology, In J Raths and A Mcaninch (Eds), Teacher Beliefs and Classroom Performance: The Impact of Teacher Education, Information Age Publishing, Greenwich, CT. 2003.

Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Ornstein, Allan C., & Hunkins, Francis P. Curriculum: Foundations, Principles and Issues, New York: Allyn & Bacon, 2009.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Lukmariadi, R., & Zubaidah. (2024). Perubahan Kurikulum dalam Kesiapan Guru. urnal iset an engabdian asyarakat, 4(2), 15–28. https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.3931