Transformasi Digital pada Pemerintahan Gampong Lampasi Engking melalui Aplikasi SIGAP

Authors

  • Faradilla Aini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Luthfi Haidi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Siti Arbianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i1.3783

Keywords:

Transformasi Digital, SIGAP

Abstract

ABSTRAK

Pemerintah Gampong Lampasi Engking telah memulai perjalanan transformasi digital sejak diberlakukan aplikasi SIGAP. Artikel ini membahas dampak positif dari transformasi ini, dengan penekanan pada efisiensi operasional, transparansi, dan partisipasi masyarakat. Selain itu, transformasi digital menyoroti tantangan yang dihadapi selama proses ini, seperti perlindungan data dan aksesibilitas teknologi. Dalam kesimpulan, artikel ini memberikan wawasan tentang peran SIGAP dalam meningkatkan kualitas pemerintahan Gampong dan memberikan saran untuk pengembangan lebih lanjut, termasuk evaluasi berkelanjutan, pengembangan kapasitas, dan pendorong partisipasi masyarakat. Transformasi digital melalui SIGAP telah membuka peluang besar untuk menciptakan pemerintahan yang lebih efisien dan inklusif di Gampong Lampasi Engking.

Kata Kunci : Transformasi Digital, SIGAP

References

DAFTAR PUSTAKA

Apriyansyah. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) dalam Pelayanan Publik di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul tahun 2016. Yogyakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 4(2), 226-239.
Kusroh Lailiyah. (2022). Digitalisasi Desa Sebagai Upaya Percepatan Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Good Governance. Ristek : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang.
Panduan Penggunaan Sistem Informasi Gampong (2021).

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong Lampasi Engking Periode 2020-2025
Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).
Yin, R. K. (2008). Studi kasus: Desain & metode.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Aini, F., Haidi, M. L., & Arbianti, S. . (2024). Transformasi Digital pada Pemerintahan Gampong Lampasi Engking melalui Aplikasi SIGAP. urnal iset an engabdian asyarakat, 4(1), 146–152. https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i1.3783