Peningkatan Pemahaman Spiritual untuk Santri pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nur Sabilussalam di Gampong Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh

Authors

  • Tri Maulana Hadi uin ar-raniry
  • Nurbayani

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2222

Keywords:

spiritual, santri, pendidikan, keagamaan, TPA

Abstract

Membangkitkan aspek spiritual dalam mengembangkan pendidikan adalah sangat penting. Sebab jika kehidupan ini tidak disertai nilai-nilai spiritual maka manusia akan kehilangan kekayaan ruhani dan membuat ketidakseimbangan kepribadian. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan kualitatif yang mengedepankan fenomena yang dialami oleh subjek berupa perilaku, persepsi, pandangan, dan motivasi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, sebagai sumber informasi adalah para civitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nur Sabilussalam Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilatas untuk menguji kevalidan data. Hasil penelitian: Pola pengembangan dan peningkatan pemahaman spiritual keagamaan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nur Sabilussalam dapat dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan pelatihan spiritual keagamaan dalam rangka mendorong visi menjadi aksi. Pola-pola tersebut dikembangkan dengan tujuan meningkatkan dan mendekatkan para santri kepada nilai-nilai moral, akhlak, dan perilaku sosial lain yang terarah.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonsia, Edisi Ke-2(Jakarta: Balai Pustaka,1995).
Hamdan Rajih, Mengakrabkan Anak dengan Tuhan, terj.abdul wahid Hasan dan ach maimun, (Yogyakarta: Diva Press, 2002).
Hasil wawancara dengan Ustazah Hanan, salah satu tokoh Pengajar di TPA An-Nur Sabilussalam Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Pada 10 November 2022.
Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam, (Gaya Media: Jakarta).
Jalaluddin Rakhmat, SQ For Kids, (Jakarta: Mizan Pustaka, 2007).
Muhammad Dimyati Mabruri, Aris Musnandar, jurnal ilmiah: Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Meningkatkan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Subulas Salam Selobekiti Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, Vol. 3, No. 2, November 2020.
Sagala. Rumadani, Pendidikan spiritual keagamaan (dalam teori dan praktik), (Yogyakarta: SUKA-Press, 2018).
Sukidi, New Age: Wisata Spiritual Lintas Agama (Jakarta: Gramedia, 2002).

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Hadi, T. M., & Nurbayani. (2023). Peningkatan Pemahaman Spiritual untuk Santri pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nur Sabilussalam di Gampong Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. urnal iset an engabdian asyarakat, 3(2), 253–263. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2222