Program Pendambingan Belajar Anak-Anak Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di Desa Reukieh Dayah Aceh Besar

Authors

  • desi yoga universitas uin ar-raniry banda aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2206

Keywords:

pendampingan belajar, anak-anak, dan percaya diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program pendampingan belajar anak-anak dalam  menumbuhkan rasa percaya diri serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program didesa Reukih dayah, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan daam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Lokasi dari penelitian ini adalah desa Reukih Dayah, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Adapun sasaran atau subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang anak yang masih berada dibawah umur 13 tahun. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendampingan belajar anak-anak dalam  menumbuhkan rasa percaya diri dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi, perencanaan dilakukan dengan cara mengumpulkan peserta didik untuk melakukan tindak lanjut terhadap perencanaan yang sudah di rancang. Dan akhir evaluasi monitoring dilakukan secara berskala. Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi secara keseluruhan maka ditemukanlah bahwa kendala dalam pelaksanaan program adalah adanya perbedaan kemampuan dan rasa takut yang besar untuk berdiri didepan. Sehingga timbullah rasa tidak percaya diri terhadap anak-anak yang ada di desa Reukih Dayah.

References

A. PENDAHULUAN
B. KERANGKA BERPIKIR
C. METODE PENELITIAN
D. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
E. PENUTUP

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

yoga, desi. (2023). Program Pendambingan Belajar Anak-Anak Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di Desa Reukieh Dayah Aceh Besar. urnal iset an engabdian asyarakat, 3(2), 247–252. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2206