Analisis Pengembangan Produk Halal Gampong Lamme Kabupaten Aceh Jaya (Kue Chingkuy) Melalui Media Sosial

Authors

  • Mutia Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda
  • Rasyidah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arman Hidayat IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik
  • Muhammad Rohan Ghaffaruddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Lia Kartika Sari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukit Tinggi
  • Nuna Al Muna Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Maya Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1962

Keywords:

Produk halal, chingkuy, kampung lamme

Abstract

Pemanfaatan media sosial yang tepat dapat menjadi peluang dalam mempromosikan produk halal. Kecamatan Jaya lebih tepatnya gampong Lamme merupakan salah satu wilayah yang mempunyai potensi unggul dibidang produk halal, yaitu kue chingkuy. Chingkuy sendiri merupakan kue tradisional turun-temurun yang terbuat dari 44 dedaunan herbal dengan aroma dan rasa yang unik. Akan tetapi tidak tereksposnya jati diri Lamme yaitu chingkuy ini menjadi perhatian khusus yang harus dibenahi. Oleh karena itu, diperlukan upaya dalam mengoptimalkan arus media sosial ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan media sosial dalam mewujudkan gampong Lamme menjadi kawasan pembuatan produk halal yaitu kue chingkuy.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan wawancara untuk menunjang data-data yang diperlukan pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial sangat membantu dalam mempromosikan ku chingkuy bukan saja kepada masyarakat gampong tetapi juga nusantara hingga kancah Internasional.

References

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Annur, Cindy Mutia, “Ada 204,7 Juta Pengguna Internet Di Indonesia Awal 2022”, 2022 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022.

Bayu, Dimas, “Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beagama Islam”, 2022 https://dataindonesia.id/varia/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam.

Febriana, Layin Lia, ‘Aanalisis Potensi Pengembangan Wisata Halal (Halal Tourism) Pada Destinasi Wisata Lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun’, Skripsi, IAIN Ponorogo, 2021.

Rafiah, Kurnia Khafidhatur, and Desty Hapsari Kirana, “Analisis Adopsi Media Sosisal Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan Dan Minuman Di Jatinagor”, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2 (1).

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun, “Komunikasi Dan Media Sosia”, Jurnal The Messenger, 3 (2).

Yusuf dan Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Sari, M., Rasyidah, Hidayat, A., Rohan Ghaffaruddin, M., Kartika Sari, L., Al Muna, N., & Sari, M. (2022). Analisis Pengembangan Produk Halal Gampong Lamme Kabupaten Aceh Jaya (Kue Chingkuy) Melalui Media Sosial. urnal iset an engabdian asyarakat, 2(2), 231–240. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1962