Sosialisasi Pemilahan Sampah Mandiri

Authors

  • Muhammad Ikhsan universitas negeri islam ar-raniry
  • Rusnawati

DOI:

https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i1.1017

Keywords:

sosialisasi, pemilahan, sampah

Abstract

Sosialisasi pemilahan sampah mandiri merupakan satu hal yang urgent untuk dilakukan sebagai upaya penyadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Pemilahan sampah merupakan bagian daripada langkah dalam mengantisipasi penumpukan sampah yang berlebihan, dan juga untuk meningkatkan kretivitas masyarakat. Langkah ini dianggap perlu, meskipun sebagian warga yang sudah cukup modern telah mengetahuinya, namun penting untuk kiranya diingatkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pola deskriptiif yaitu memberikan pemahaman melalui penyusunan kata. Dalam penelitian ini, proses analisa dimulai dari situasi sosial yang ditemukan dalam kajian lapangan yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan (observasi) dan dokumentasi yang didapatkan selama penelitian melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa respon dari masyarakat cukup baik, dilihat dari antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan sosialisasi yang kami buat. Masyarakat cukup aktif dalam mengikuti ajakan dan arahan kami dalam sosialisasi kegiatan ini. Terakhir, kami sangat berharap kepada warga, setelah kegiatan ini agar terbiasa dengan pemilahan sampah secara mandiri.

References

Husen Umar. Metode Riset Komunikasi Organisasi. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Juliansyah Noor, Metodelogi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Ed, 1, Cet. 1, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Nasir Budiman, dkk.,Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banda Aceh: Ar-Raniry, 2004.

Nurman. Strategi Pembangunan Daerah. Jakarta: Rajagrafindo, 2015.

Soejono dan Abdurrahman. Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta dan Bina Adiaksara, 2005.

Subekti, Morfologi Tanaman dan Fase Pertumbuhan Jagung, Teknik Produksi dan Pengembangan, Jurnal 17. C Vol VI, No 1, April 2010

Suyoto. Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Jakarta: PT Prima, 2008.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Muhammad Ikhsan, & Rusnawati. (2023). Sosialisasi Pemilahan Sampah Mandiri. urnal iset an engabdian asyarakat, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i1.1017