IMPLEMENTASI CSR PT SURYA PANEN SUBUR (SPS) II DI NAGAN RAYA DALAM PERSPEKTIF AKAD TABARRU’
Suatu Penelitian Pada Pabrik Kelapa sawit Di PT. SPS II Nagan Raya
DOI:
https://doi.org/10.22373/iqtishadiah.v2i1.1381Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu program yang dipandang sebagai tanggung jawab sosial perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat. Tanggung jawab sosial perusahaan tersebut disalurkan dalam bentuk program Pendidikan, Lingkungan, Agama dan Sosial. Namun secara teori daerah sekitaran perusahaan belum dapat mensejahterakan masyarakat secara luas, terlihat dari data angka kemiskinan pada desa Puloe Kruet yang belum berubah dari tahun ketahun sesuai dengan tujuan CSR. Masalah yang diteliti pada skripsi ini ada 3 macam yaitu, pertama untuk mengetahui implementasi CSR pada PT SPS II, kedua untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi CSR, ketiga untuk mengetahui tinjauan akad tabarru’ terhadap implementasi CSR pada PT SPS II di Nagan Raya. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan pustaka dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama perusahaan memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk program CSR yang telah disepakati, kedua faktor yang mempengaruhi implementasi CSR ada dua yaitu: faktor Internal yang di dukung oleh perusahaan karena perusahaan memiliki wewenang penuh dalam mengelola dana CSR dan faktor Eksternal yang di dukung oleh masyarakat terhadap program CSR pada PT SPS II, ketiga program CSR pada PT SPS II telah menerapkan berdasarkan prinsip dasar akad tabarru’sesuai dengan rukun dan syarat. Saran dari penelitian ini diharapkan perusahaan dalam manyalurkan bantuan agar lebih terbuka dan dapat mengawasi bantuan yang telah di berikan sehingga program CSR agar dapat mensejahterakan masyarakat