ANALISIS AIR BOILER DENGAN PARAMETER pH, ALKALINITAS, TDS, HARDNESS DAN SILIKA DI PT. BEURATA SUBUR PERSADA

Main Article Content

Husnawati
Bhayu Gita Bhernama
Tarmizi

Abstract

Sebuah  industri khususnya  Pabrik Kelapa Sawit sangat  membutuhkan air. Pada pabrik kelapa sawit air dibutuhkan  untuk  proses  pengolahan  serta untuk pembangkit tenaga  listrik  dengan  menggunakan   uap  dari  boiler. Boiler  adalah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk steam. Sehingga   boiler   merupakan   peralatan   yang   harus  dijaga  dan  dikelola dengan sangat baik. Air yang disuplai  ke boiler  untuk dirubah  menjadi steam disebut  air umpan. Air yang  akan digunakan  sebagai  air umpan  boiler  adalah  air yang tidak mengandung unsur yang dapat menyebabkan terjadinya endapan yang dapat membentuk  kerak  dan yang  dapat  menyebabkan  korosi terhadap  boiler.  Dengan demikian  untuk mencegah  hal tersebut  air sangat  perlu diolah sebelum digunakan pada boiler. Untuk meyakinkan tidak ada zat terlarut yang terbawa dalam uap maka perlu dilakukan  nya monitoring  pada air boiler. Oleh karena   itu perlu  diperhatikan kualitas air  dengan  menjaga  parameter  nya agar  memenuhi  standar  parameter yang  telah  ditetapkan,   salah  satunya  yaitu  parameter  pH,  Alkalinitas,  Hardness, TDS dan Silika. Berdasarkan hasil penelitian didapat parameter pH,  Alkalinitas,  TDS, Hardness dan Silika pada air boiler di PT. Beurata Subur Persada sudah memenuhi standar parameter yang telah ditetapkan,  tetapi pada tanggal 18 januari parameter silika melebihi standar yang ditetapkan yaitu 187,5  ppm.

Article Details

Section
Articles

References

Agus & Mohammad. (2015). Rancang Bangun Sistem Wastafel otomatis berbasis Arduino uno dengan menggunakan sensor
fotolida. Jurusan FIP Fisika Universitas Anadalas
Astuti, D. W., Fatimah, S., & Anie, S. (2016). Analisis Kadar Kesadahan Total Pada Air Sumur di Padukuhan Bandung Playen Gunung Kidul Yogyakarta. Analit: Analytical and Environmental Chemistry, 1(1)
Fatimura M. (2015). Tinjauan Teoritis Permasalahan Boiler Feed Water Pada Pengoperasian Boiler Yang Dipergunakan. Jurnal Media Teknik, 12(1), 24-30.
Fatimura, M. (2016). Studi Analisa Kualitas Air Boiler Menggunakan Standar American Society Of Mechanical Engineers (ASME). Jurnal Redoks, 1 (1), 49-56.
Heranurweni, S., Irawan, A., & Nurhayati. (2019). Simulasi pH Air Untuk Air Boiler Dan Air Chiller Pada Mesin Produksi Refrigerator Dengan Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Elektrikal. 11(1), 26-27.
Kamal. (2019). Penetapan Metode Identifikasi Kualitas Air Pada Fire- Tube Boiler - Studi Kasus Boiler Pabrik Biodiesel UTHM. Jurnal Teknik Terpadu. 11(5), 86-95.
Nugraha. I. (2009). Pengaruh pH, Silika (SiO2) Dan Ortofosfat (O-PO4) Terhadap Cooling Water Treatment Urea-1 (63-EF- 2101) PT. Pupuk Iskandar Muda.
Rahmandani, B. (2015). Analisa Pengaruh Kualitas Air Terhadap Kebocoran Pada Boiler Kapasitas 57 Ton/Jam 34 Bar. Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ. 5 (2), 62-63.
Siti. (2021). Uji Kualitas Air Boiler pada Proses Pengolahan Tandan Buah Segar di Pabrik Kelapa Sawit (Doctoral dissertation, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).
Simanulang, M. (2009) Penentuan Kadar Silika Di Multi Fuel Boiler Dengan Spektofotometer Uv-Visibel Di PT. Toba PULP Lestari, TBK, PORSEA