ARTIKEL PENINGKATAN LITERASI SISWA MADRASAH SECARA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) MELALUI PEMANFATAAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN

LITERASI MADRASAH SDGs,

Authors

  • suharman suharman STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

Keywords:

Literasi, Siswa, Madrasah, SDGs, Otomasi, dan Perpustakaan

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian terpenting dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pendidikan di madrasah, terutama dalam meningkatkan literasi siswa. Peningkatan literasi siswa madrasah secara Sustainable Development Goals (SDGs) sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan daya saing siswa dengan penguasaan literasi yang kuat melalui konsep utama menjadikan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini akan mengkaji tentang peningkatan literasi siswa madrasah secara Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pemanfataan sistem otomasi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapat gambaran tentang konsep dan langkah kongrit madrasah menyangkut pemanfataan perpustakaan dengan sistem otomasi dalam meningkatkan daya saing siswa. Adapun metode dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka. Kemudian, data diperoleh dan dianalisis dengan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) dalam bidang perpustakaan menjadi salah satu kewajiban pokok madrasah yang harus dipenuhi untuk penunjang utama dalam rangka untuk mencapai fokus tujuan pembangunan yang disepakati bidang pendidikan yaitu penguasaan literasi dasar untuk meningkatkan daya saing siswa. Peningkatan literasi siswa madrasah akan tercapai dengan baik melalui peningkatkan fasilitas pendidikan di madrasah, salah satunya dalam bidang perpustakaan dengan terintegrasi sistem otomasi.

Published

2021-07-01

How to Cite

suharman, suharman. (2021). ARTIKEL PENINGKATAN LITERASI SISWA MADRASAH SECARA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) MELALUI PEMANFATAAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN: LITERASI MADRASAH SDGs,. ndonesian ournal of ibrary and nformation cience (IJLIS), 2(1), 22–41. etrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/ijlis/article/view/1188