https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/issue/feed INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC CIVILIZATION (ICONIC) 2024-05-27T15:57:08+00:00 Open Journal Systems https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2607 PEMBERDAYAAN POTENSI SANTRI DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN DI TPA DARUL JANNAH AL-AMIR BANDA ACEH 2023-06-02T07:44:30+00:00 Aulia Rizki 190202164@student.ar-raniry.ac.id Hasan Basri hasan.basri@ar-raniry.ac.id <p>Pendidikan anak usia dini menjadi modal dan bekal dalam membaca dan mengembangkan potensi, kecerdasan, dan gaya belajar anak. Potensi atau bakat merupakan kemampuan alami sesorang yang luar biasa akan sesuatu hal atau kemampuan seseorang yang diatas rata-rata kemampuan orang lain. Setiap anak memiliki kemampuan khusus dan unik yang akan muncul dan bersinar serta mencapai potensi maksimal apabila dikembangkan dengan cara yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana upaya yang dilakukan pendidik dalam menemukan dan meningkatkan potensi santri terumata di bidang pendidikan dan keagamaan usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri memiliki bakat dan potensi yang berbeda-beda dan upaya yang dilakukan peneliti untuk menigkatkannya adalah dengan membentuk kelompok-kelompok belajar sesuai potensi-potensi tersebut</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2608 TAHAP KESIAPAN WIRAUSAHA SOSIAL PADA MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI MALAYSIA 2023-06-02T07:45:16+00:00 Cut Nelvi Ariska p102946@siswa.ukm.edu.my Sheerad Sahid Sheerad@ukm.edu.my Lailatussaadah Lailatussaadah lailatussaadah@ar-raniry.ac.id <p>Kesiapan wirausaha adalah pendekatan bisnis yang unik, dan kesiapan untuk kewirausahaan sosial yang melibatkan perilaku individu yang unik di mana mereka menciptakan kekayaan publik yang berkelanjutan, dan bukan hanya kesuksesan terkonsentrasi kinerja mereka sendiri. Kesiapan wirausaha dapat membantu pengusaha ke bidang kewirausahaan sosial yang dipengaruhi oleh nilai utilitas pengetahuan dan keterampilan. penelitiian ini bertujuan untuk melihat tahap kesiapan wirausahawan sosial pada mahasiswa di perguruan tinggi Malaysia. Studi ini adalah studi kuantitatif dan metode yang digunakan melalui kuesioner terdistribusi. Sebanyak 384 orang mahasisiwa dipilih sebagai responden untuk penelitian ini. Data dianalisis menggunakan statistik sosal (SPSS) versi 26 untuk. Temuan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat literasi kewirausahaan sosial dan kesiapan kewirausahaan sosial siswa</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2609 RECEPTION OF VERSES ABOUT SOCIAL WELFARE AT BANDA ACEH SOCIAL SERVICES 2023-06-02T07:46:03+00:00 Khairul Faiz Faizkhairul471@gmail.com Nurullah Nurullah nurullahamri@ar-raniry.ac.id <p>The Quran contains many verses about the concept of realizing social welfare. The current reality of social welfare in Banda Aceh City has not been appropriately resolved, as proved by the high poverty rate. This problem is the responsibility of the government by social services. This study wants to see how the reception of verses about social welfare includes their understanding and implementation at the Banda Aceh City Social Service work program. Research data were collected through interviews and documentation, then analyzed and presented descriptively. The results showed that Banda Aceh City Social Service employees, in general, had the same understanding of aspects of social welfare but a different emphasis on handling social welfare, namely by fulfilling basic needs, reducing the burden on the community, and providing social security. They know who deserves help and attention according to the messages contained in the Quran. However, they do not fully understand the concept of welfare in the Quran. The implementation of the verses on social welfare in the work program of the Banda Aceh City Social Service can be grouped into five, that is: 1) Social Empowerment, 2) Social Solidarity, 3) Social Security, 4) Social Rehabilitation, and 5) Improved work ethic.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2610 KAMPANYE ANTI BULLYING DI MA’HAD ULUMUL QURAN NAGAN RAYA 2023-06-02T07:46:46+00:00 Salma Hayati salma.hayati@ar-raniry.ac.id Salami Salami salami.mahmud@ar-raniry.ac.id Muslima Muslima muslima@ar-raniry.ac.id Tazkira Khaira 211003018@student.ar-raniry.ac.id <p>Tujuan pengabdian ini untuk mengedukasi santriwan dan santriwati <em>boarding</em> tentang perilaku <em>bullying</em> melalui kegiatan pengabdian “Kampanye Anti <em>Bullying</em>”. Sasaran pengabdian adalah santriwan dan santriwati Ma’had Ulumul Quran Kabupaten Nagan Raya. Metode pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu; 1) <em>identify</em>, 2) <em>presentation</em>, dan 3) <em>discussion</em>. Hasil pengabdian bahwa tahap identify menemukan santri masih belum begitu memahami perilaku bullying dan kebanyakan perlakuan bullying yang mereka alami adalah dalam bentuk bullying verbal. Pada tahap presentation, narasumber mengedukasi santriwan dan santriwati tentang bullying, penyebab, bentuk dan dampaknya yang terjadi akibat perlakuan <em>bullying</em>. Sementara pada tahap <em>discussion</em> mendiskusikan tentang bullying dalam perspekstif agama. Edukasi ini dapat merupakan langkah awal sebagai bentuk pencegahan agar dapat menghindari terjadinya perilaku <em>bullying </em>di lembaga pendidikan <em>boarding</em>.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2615 ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA MASA PANDEMI 2023-06-02T07:47:39+00:00 Tika Agustina 190208009@student.ar-raniry.ac.id Fiky Ayu Setyaningsih 190208018@student.ar-raniry.ac.id Nurmalahayati Nurdin nurmalahayati@ar-raniry.ac.id Safrijal Safrijal safrijal.djamaluddin@ar-raniry.ac.id Nasri Diana nasridiana@gmail.com <p>Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019 merupakan virus berbahaya dengan penularan yang sangat cepat. Pembelajaran online menjadi solusi tetap berjalannya pembelajaran ditengah adanya pandemi covid-19 begitu juga pembelajaran sains. Penelitian ini dilakukan di SMA sekitar Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan pembelajaran sains sebelum dan setelah masa pandemi serta menganalisis bagaimana proses, kendala serta dampak pandemi terhadap pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan metode pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini ialah guru-guru sains khususnya mata pelajaran kimia, fisika dan biologi di Aceh yang berjumlah 155 orang. Dari hasil pengisian kuisioner tersebut diketahui pandemi membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan &nbsp;pandemi menurunkan minat dan motivasi bahkan berdampak pada kedisplinan dalam proses pembelajaran. Kendala yang sulit dihadapi saat pembelajaraan daring ialah penyampaian yang singkat dan terbatas sehingga membuat peserta didik kesulitan memahami apa yang disampaikan guru saat jam pelajaran.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2648 Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Disabilitas dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye 2023-06-02T07:48:23+00:00 Darajatul Ulya 180201014@student.ar-raniry.ac.id Zulfatmi Zulfatmi zulfatmi.budiman@ar-raniry.ac.id Safrina Ariani safrina.ariani@ar-raniry.ac.id <p>Educating children who have limitations or disabilities is not an easy thing for every parent. Every parent must have the values ​​of faith and good morals when educating their children, especially when educating children with disabilities or limitations. in this study the researchers focused on the values ​​of faith and morals that parents have in educating children with disabilities contained in the novel Moga Bunda Disayang Allah by Tere Liye. The formulation of the problem contained in this study is What are the educational values ​​of Aqidah and morals when dealing with children with disabilities contained in the Novel Moga Bunda Disayang Allah. This type of research is library research or library research, the approach used in this research is the content analysis approach. The data collection instrument was obtained using the documentation method. Based on the results of the study, the values ​​of disability education contained in the novel Moga Bunda Disayang Allah are: 1. The values ​​of aqeedah education that parents have in educating children with disabilities are found to have faith in Allah, believe in Allah's books, believe in doomsday, believe in qada and qadar: 2. The values ​​of moral education that parents have in educating children with disabilities that are found are patience,responsibility, king', and compassion.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2649 Analisis Proses dan Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan di SMA Provinsi Aceh 2023-06-02T07:48:55+00:00 Melia Kurniati 180208050@student.ar-raniry.ac.id Yuniska Suzerra 180208101@student.ar-raniry.ac.id Mesi Fitriah 180208049@student.ar-raniry.ac.id Nurmalahayati Nurdin nurmalahayati@ar-raniry.ac.id Muhammad Reza muhammad.reza@ar-raniry.ac.id Mujakir Mujakir mujakir@ar-raniry.ac.id Riza Zulyani riza.zulyani@ar-raniry.ac.id <p>Pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan proses pembelajaran yang baru baik bagi siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil proses belajar mengajar selama masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah berbentuk survey. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang dipilih secara acak dari delapan sekolah untuk mengisi kuisioner. Aspek yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar, metode dan kebijakan pemerintah selama masa pandemi covid-19. Data diolah dan hasil menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai proses belajar&nbsp; secara luar jaringan (luring) dari pada proses belajar daring. Selain itu, integritas siswa dan efektifitas pembelajaran juga turut menurun selama pembelajaran daring. Pembelajaran daring dirasa sulit guru dan siswa karena kurangnya bahan ajar dan akses internet. Solusi dari permasalahan ini adalah mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi bagi guru dan siswa. Selama proses pembelajaran daring, orang tua juga memiliki peran yang sangat penting, yakni menjadi penyemangat dan motivator bagi siswa untuk tetap semangat selama selama pembelajaran daring.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2650 Pemahaman Pemain Game Online Higgs Domino Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah Terhadap Ayat-Ayat Tentang Judi 2023-06-02T07:49:25+00:00 Zakiyan Rifqa elrifqa2402@gmail.com Nurullah Nurullah nurullahamri@ar-raniry.ac.id <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Alquran prohibited gambling because it has several dangerous things caused by playing gambling. Facts that happen right now is show that the problem of online gambling higgs domino has not completely resolved.&nbsp; Its proven by the higgs domino which is played openly in public spaces. This study wanted to examine more deeply about how the higss domino players understand towards the verses about gambling&nbsp; and the factors that cause some people in Bebesen Subdistrict Aceh Tengah Regency choose to play higgs domino as a side business. Research data collected through observations, interviews and documentation, further analyzed by descriptions. Research results shows that few player higgs domino have high level understanding of verses about gambling so wise to understand deeply. However few player higgs domino only capable to explain the meaning only in general explanation. The rest there are people who just understand that it is true that there are several verses in the quran that forbid gambling. The factors that cause online jury in the community of Bebesen Subdistrict Aceh Tengah Regency include: 1) Environmental factor and situation, 2) Social media factor, 3) Easy acces, 4) Curious and addiction, 5) Means to entertain yourself, 6) Perceptions about money, and 7) Lack of work field.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2660 Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VII SMP 2023-06-02T07:50:06+00:00 Novi Trina Sari novi.trina@unmuha.ac.id M. Duskri m.duskri@ar-raniry.ac.id Adhayia Hidayatus Shaifa 170205028@student.ar-raniry.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran model inkuiri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kluet Timur. Rancangan penelitian ini adalah <em>Quasy Experimental Design. </em>Adapun dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Kluet Timur dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data hasil pembelajaran siswa menggunakan uji statistik pihak kanan, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa &nbsp;dan &nbsp;maka , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran model inkuiri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kluet Timur.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2683 STRATEGI SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH (Educational Supervisions strategy In Schools and Madrasah) 2023-06-02T07:50:44+00:00 Nurmayuli Nurmayuli nurma.yuli@ar-raniry.ac.id Mely Patriza 210206025@student.ar-raniry.ac.id Sinta Ulandari 210206022@student.ar-raniry.ac.id <p>Kualitas guru dan tenaga kependidikan salah satu penentu keberhasilan dan kualitas peserta didik pada Lembaga Pendidikan di sekolah. Supervisi salah satu kegiatan yang dapat menjaga kualitas kinerja guru dan tenaga kependidikan. Supervisi merupakan kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas dan kopetensi kerja. Kegiatan supervisi salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik, sehingga perlunya stratgi pelaksanaan kegiatan dengan sebaik mungkin. Sehingga penerapan supervisi memperhatikan pendekatan, teknik dan aspek yang harus di jalankan, agar proses supervisi berjalan dengan baik.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/2684 Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Sains Islam pada Materi Gerak Lurus di MAN Aceh Jaya 2023-06-02T07:51:14+00:00 Rusydi Rusydi rusydi@ar-raniry.ac.id <p>Konsep integrasi Islam dan sains pada mata pelajaran fisika belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga, guru harus berupaya untuk dapat menyusun bahan ajar fisika yang berintegrasi Sains Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan bahan ajar berkualitas yang berbasis Integrasi Sains Islam pada materi Gerak Lurus di Kelas XI IPA MAN Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development)dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg &amp; Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif (data naratif) dari ahli media, dan ahli materi, serta data keterbacaan modul oleh siswa kemudian mengubahnya menjadi data kuantitatif (data terukur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berintegrasi islam ini menurut ahli materi mendapatkan kelayakan dengan persentase keseluruhan 91% dengan kategori sangat layak, dan menurut ahli media mendapatkan kelayakan dengan persentase 93% dengan kategori sangat layak.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3270 Pendidikan Karakter Siswa pada Sekolah Dasar Negeri Kandang dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 47 Aceh Besar 2023-08-21T08:58:55+00:00 Khairun Nisa Khairunnisa@gmail.com <p>Keberhasilan dalam proses pembentukan karakter akan mengantarkan anak untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan, sehingga dalam pembentukan karakter tidak akan terlepas dari strategi yang digunakan dalam Pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler dan model evaluasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan adapun implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran, kedua lembaga tersebut sama-sama menerapkannya dengan cara mengintegrasikan pada indikator dan tujuan pembelajaran masing-masing mata pelajaran. Kemudian untuk implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler, MIN 47 Aceh Besar lebih menekankan sikap religius dan peduli lingkungan, sedangkan SDN Kandang lebih menekankan pada sikap jujur dan disiplin. Evaluasi pendidikan karakter di MIN 47 Aceh Besar dan SDN Kandang menggunakan model terintegrasi pada indikator pencapaian hasil belajar pada masing-masing mata pelajaran. Dari indikator pencapaian hasil belajar tersebut, diharapkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada kedua lembaga pendidikan tersebut mampu mencerminkan pribadi peserta didik sebagai insan yang unggul. Nilai karakter inti yang dikembangkan di MIN 47 Aceh Besar dan SDN Kandang memiliki beberapa perbedaan, yakni MIN 47 Aceh Besar menerapkan nilai karakter religius, jujur, disiplin, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, dan peduli lingkungan. Sedangkan nilai karakter inti yang dikembangkan di SDN Kandang adalah jujur, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3271 Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kreativitas Belajar Siswa di SMPN Unggul Sigli Kabupaten Pidie 2023-08-21T09:02:28+00:00 Muhammad Muhammad Muhammadalfath168@gmail.com <p>Strategi guru agama Islam dalam membina kreativitas belajar siswa di SMP Negeri Unggul Sigli. Peneliti berasumsi bahwa tingkat kreativitas belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tinggi di SMPN Unggul Tersebut. Hal ini terlihat dapat ditelusuri lebih lanjut terkait strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut, sehingga siswanya memiliki kreativitas tinggi. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai kontinuitas kajian kreativitas belajar dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara intensif selama dua bulan. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dua guru bidang studi agama Islam, kepala sekolah, dan juga beberapa siswa di sekolah tersebut. Selain itu, data dalam penelitian ini juga dikuatkan dengan teknik observasi terhadap berbagai kegiatan yang diadakan oleh sekolah, serta mengumpulkan data daru berbagai dokumen, baik cetak atau online yang terkait dengan penelitian ini.Tesis ini menunjukkan bahwa guru di SMP Negeri Unggul Sigli menggunakan beberapa strategi dalam membina kreativitas belajar siswa, yaitu metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang beragam, sumber-sumber belajar, dan menjadi seorang guru yag kreatif. Adapun pembinaan kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi pendukung, yaitu dukungan pimpinan atau kepala sekolah, program-program <em>moving class</em> (seperti kelas olimpiade dan sains, tahfidz, seni, kelas bahasa, olahraga serta setoran hafalan wajih setiap pagi), dan kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah juga menjadi faktor pendukung bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kreativitas siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3272 Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Keluarga di Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara 2023-08-21T09:28:47+00:00 Raudhatul Jannah raudha.putribungsu@gmail.com <p>Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi keluarga dan negara yang bermakna untuk membantu memberdayakan potensi yang dimiliki oleh anak-anak sebagai bekal hidup masa mendatang, guna mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat yang hakiki. Untuk mencapai pendidikan hakiki, maka pendidikan Islam memiliki tujuan utama sebagai tonggak dalam membentuk akhlak dan budi pekerti yang mampu melahirkan manusia berakhlak mulia, bermoral, berjiwa bersih dan lain sebagainya. Artinya, akhlak yang sempurna adalah tujuan dari pendidikan yang sebenarnya. Mendidik bukan suatu perkara mudah di era globalisasi ini, maraknya kenakalan remaja yang menyimpang dari ajaran Islam sekarang ini terjadi, seperti pacaran, seks bebas, melawan orang tua, melawan guru, merokok, narkoba, dan lain sebagainya yang semakin menunjukkan hal-hal yang lebih distruptif yang semakin meresahkan kehidupan masyarakat dalam lingkup kecil dan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi pendidikan akhlak dalam keluarga, metode yang digunakan orang tua dalam menginternalisasikan pendidikan akhlak dan mengetahui faktor yang mempengaruhi internalisasi pendidikan akhlak dalam keluarga di Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses internalisasi pendidikan akhlak dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi, transaksi dan transinternalisasi; (2) metode orang tua dalam menginternalisasikan pendidikan akhlak dalam keluarga di Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pemberian perhatian dan pemberian hukuman; dan (3) faktor yang mempengaruhi internalisasi pendidikan akhlak dalam keluarga di Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara adalah faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung di antaranya adalah adalah sarana prasarana yang memadai, manajemen pengelolaan kegiatan dan kemauan anak itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat internalisasi pendidikan akhlak dalam keluarga adalah orang tua, lingkungan sosial, anak itu sendiri dan faktor teknologi.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3273 Nilai Edukasi dalam Rateb Siribee di Kota Banda Aceh 2023-08-21T10:15:30+00:00 Siti Farhanah farabbas07@gmail.com <p>Zikir <em>rateb siribee</em> merupakan salah satu cara usaha yang dilakukan oleh Abuya Amran untuk mengajak umat manusia kembali ke jalan yang diridhai Allah. Melalui zikir yang dilakukan secara rutin, diharapkan umat manusia mampu menjadi manusia yang lebih baik dalam berkehidupan&nbsp; beragama dan berbangsa, yakni hubungannya dengan Tuhan dan bersosialisasi yang baik dengan manusia lain. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banda Aceh yakni di Mesjid Baitussalihin Ulee Kareng dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan subjek penelitian merupakan pengurus zikir <em>rateb siribee</em> dan jamaah tetap yang melakukan zikir secara rutin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan zikir <em>rateb siribee</em> hampir sama dengan zikir lainnya yakni dimulai dengan membaca istigfar, shalawat, al-fatihah lalu dilanjutkan dengan membaca tahlil dengan sebanyak-banyaknya. Yang membedakan hanya jumlah zikirnya, pada zikir <em>rateb siribee</em> hanya difokuskan pada bacaan tahlil saja. Nilai edukasi yang didapatkan dari kegiatan berzikir secara rutin meliputi: a) Nilai ukhuwah, di antaranya membentuk sikap tolong menolong dan mau berkerja sama, rendah hati, menghargai perbedaan dan menjaga silaturrahmi dengan baik b) Nilai kecerdasan emosi, seperti mampu mengontrol diri, c) Nilai ketenangan, seperti membentuk sikap sabar, pemaaf dan optimis. d) Pembentukan karakter, diantaranya membentuk karakter yang mampu berbuat ikhlas, jiwa tolong menolong dan mampu menghargai perbedaan Zikir yang dilakukan secara rutin, terus menerus akan mampu menghasilkan insan yang memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan tuntunan agama dan bangsa sesuai dengan landasan al-Quran, hadits dan juga seperti yang termaktub dalam pancasila dan UUD 1945</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3274 Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran 2023-08-21T11:18:31+00:00 Maisarah Maisarah 190205052@student.ar-raniry.ac.id Darwani Darwani darwani@ar-raniry.ac.id Ita Mursyida ita.mursyida@gmail.com <p>Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar matematika siswa tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas di kelas VII MTsN 6 Aceh Besar setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan yang berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian <em>ex-post facto </em>. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan preetes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan mengalami peningkatan. Rekapitulasi hasil pembelajaran p- pada preetes dengan nilai rata-rata 57,6 dan postes dengan nilai rata-rata73,8. Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3280 Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Dasar 2023-08-22T15:55:47+00:00 Siti Handayani 201003129@ar-raniry.ac.id Warul Walidin, Ak warul.walidin@ar-raniry.ac.id Yusra Jamali yusrajamali@ar-raniry.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan <br>akhlak pada siswa Sekolah Dasar SP II Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Akhlak <br>merupakan aspek penting dalam pengembangan pribadi yang mencakup nilai-nilai moral dan <br>etika dalam kehidupan seharihari. Pendidikan agama Islam memiliki potensi besar dalam <br>membentuk akhlak yang mulia pada anak-anak usia dini. <br>Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data <br>diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian melibatkan <br>siswa, guru agama Islam, dan orang tua siswa di Sekolah Dasar SP II. Data dianalisis secara <br>kualitatif dengan menggunakan teknik analisis konten. <br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam <br>membina akhlak siswa. Guru agama Islam memiliki peran sebagai teladan dan pendamping <br>dalam membentuk akhlak yang baik. Materi pembelajaran agama Islam, seperti ajaran moral <br>dan etika dalam Islam, diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk membentuk dasar akhlak yang <br>kuat. Keterlibatan orang tua juga memiliki dampak signifikan dalam pembinaan akhlak siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3293 Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Mini Alue Naga Banda Aceh 2023-08-28T16:45:47+00:00 Suhaimy Suhaimy 201003004@student.ar-raniry.ac.id Hasan Basri hasan.basri@ar-raniry.ac.id Teuku Zulkhairi teuku.zulkhairi@ar-raniry.ac.id <p>Dayah Mini Alue Naga merupakan dayah klasik bernuansa modern santri di dayah Mini belajar kitab kuning, selain itu santri juga belajar bahasa Arab tidak seperti dayah salafi lainnya. Proses kaderisasi santri dalam belajar yang akan dipersiapkan untuk guru di Dayah Mini kedepannya. Tujuan Penelitian dalam tesis ini yaitu untuk mengetahui Implementasi strategi pembelajaran kitab kuning di Dayah Mini Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, hal ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di dayah Mini Alue Naga yaitu: belajar aktif, metode variatif, motivasi guru aktif, pembelajaran demokratis, reaksi nyata dalam belajar, pendekatan belajar yang bervariasi, memiliki pola belajar aktif dan adanya rancangan penilaian dan pengayaan. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran yaitu, Pertama, faktor pendukung di mana terlihat bahwa alumni dayah yang menjadi guru, lingkungan yang bebas, lingkungan yang mudah terkontrol, serta semanagat santri dalam belajar kitab kuning. Kedua, faktor penghambat hal paling signifikan dari penghambat ini adalah kurangnya dewan guru dan dari segi sarana dan prasarana di mana belum memadai masih banyak kekurangan fasilitas dan ini manjadi perhartian utama.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3295 Implementasi Program Beuet al-Qur’an Ba’da Magrib di Kabupaten Aceh Besar 2023-08-28T17:04:47+00:00 Uswatun Hasanah 201003025@student.ar-raniry.ac.id Silahuddin Silahuddin silahuddin@ar-raniry.ac.id Sri Suyanta sri.suyanta@ar-raniry.ac.id <p>Di antara perhatian dalam Islam yang tidak boleh dilupakan adalah mengajarkan al-Qur’ān kepada generasi muda. Banyak anak usia sekolah menghabiskan waktu dengan mengerjakan yang tidak bermanfaat, seperti bermain game dan duduk di warung kopi Ketika magrib. Untuk mengatasi fenomena ini maka salah satu upaya pemerintah daerah Kabupaten Aceh Besar adalah mencetuskan program beuet al-Qur’ān ba’da magrib pada tahun 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, proses monitoring dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat program beuet al-Qur’ān ba’da magrib di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Besar yang berlokasi di Desa Aneuk Galong Baro dan Desa Weusiteh. Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Kepala Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh Besar, teungku/Ustadz yang mengajar beuet al-Qur’ān ba’da magrib, Kepala Desa Aneuk Galong Baro, Kepala Desa Weusiteh dan santri. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, kemudian akan ditampilkan (display data), diolah dan diinterpretasikan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program beuet al-Qur’ān ba’da magrib tidak mengalami kendala bahkan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib sudah dilaksanakan di semua desa yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Hasil monitoring dan evaluasi program beuet al-Qur’ān ba’da magrib menunjukkan bahwa pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib sudah berjalan lancar walaupun masih kurang efektif. Kurangnya tenaga pengajar dan pengaruh teknologi menjadi hambatan dalam pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib.</p> <p><strong>K</strong><strong>ata Kunci</strong><strong>:</strong> Implementasi, Beuet al-Qur’an, Santri</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3296 KORELASI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP IT ABQARI 2023-08-28T17:22:48+00:00 Nurleli Nurleli nurlelixiomi85@gmail.com Saifullah Idris saifullahidris@ar-raniry.ac.id Masbur Masbur masbur@ar-raniry.ac.id <p>Anak adalah anugerah sekaligus amanah. Allah menitipkannya untuk dididik dan dibina menjadi manusia seutuhnya. Mendidik anak adalah tugas yang sangat mulia. Dukungan orang tua merupakan bagian terpenting dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik usai mengikuti proses pembelajaran, terutama pada pendidikan agama. Wujud perhatian orang tua terhadap anak dalam upaya membantu anak mencapai prestasi berupa mendorong anak dengan berbagai cara. Dari hasil penjajakan awal yang penulis lakukan pada peserta didik di SMP Abqari, diketahui bahwa prestasi belajar yang dicapai sebagai peserta didik di SMP ini masih rendah. Hal ini diduga karena kurangnya perhatian dari orang tua terhadap belajar siswa di rumah. Berdasarkan dari observasi yang penulis lakukan, beberapa orang siswa yang menyatakan bahwa orang tua mereka jarang sekali mengawasi ataupun menemani mereka belajar di rumah. Jadi, dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai sebagian peserta didik di SMP Abqari. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk korelasi dukungan orang tua terhadap prestasi belajar di SMP IT Abqari kota Subulussalam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif korelasional. Penelitian korelasional merupakan penelitian yang melihat hubungan natara satu atau beberapa perubahan dengan satu atau beberapa ubahan lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengadministrasikan angket yang dirancang sesuai dengan pernyataan penelitian yang mengungkapkan tentang dukungan orangtua siswa di SMP IT Abqari. Teknik Analisis Data yaitu menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Dukungan orangtua secara umum berada pada kategori tinggi. Artinya, bentuk perhatian yang diberikan orangtua terhadap anaknya berada pada tingkat lebih diatas rata-rata. (2). Prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Artinya siswa sudah mampu untuk mencapai nilai yang tinggi dari usaha sendiri dan dukungan orangtua. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara bentuk perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa. Artinya semakin tinggi perhatian orangtua, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah bentuk perhatian orangtua, maka semamin rendah juga prestasi belajar siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3301 Strategi Pembelajaran Fiqh untuk Kaum Ibu pada Majelis Ta’lim Sirul Mubtadin Kecamatan Glumpang Tiga Pidie 2023-08-30T11:48:27+00:00 Raudhatul Jannah 201003002@student.ar-raniry.ac.id Nurbayani Nurbayani nurbayani@ar-raniry.ac.id Syahminan Syahminan syahminan@ar-raniry.ac.id <p>Keberadaan majelis ta’lim dalam era globalisasi sangat penting dan salah satu benteng terpenting dalam menangkal dampak negatif dari globalisasi itu sendiri. Sebagai majelis ta’lim yang memiliki jama’ah yang relatif banyak, perlunya di kembangkan strategi yang tepat guna untuk mensukseskan tujuan pembelajaran dari majelis ta’lim tersebut begitupun di majelis ta’lim Sirul Mubtadin dalam pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran yang efektif. Strategi pembelajaran di Majelis Ta’lim ini seperti membentuk kaum perempuan agar menjadi lebih baik, dan lebih berakhlakul karimah Pembelajaran di majelis ta’lim Sirul Mubtadin sangat beragam, salah satunya yaitu penekanan pada materi fiqh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran fiqh di majelis ta’lim Sirul Mubtadin untuk kaum ibu dan faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembelajaran fiqh untuk kaum ibu. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Glumpang Tiga Pidie. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengajar dan anggota majelis ta’lim Sirul Mubtadin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi pembelajaran yang dilakukan dalam majelis ta’lim Sirul Mubtadin menggunakan strategi pembelajaran langsung yaitu berupa strategi pembelajaran yang berpusat pada Mua’llim, dalam hal ini Tgk. Nasrullah sebagai pemberi pengajar dalam majelis ta’lim Sirul Mubtadin. Pada alur pembelajaran materi ini pengajar atau mu’allim menjabarkan secara terperinci dari yang umum sampai yang khusus dari mulai mempersiapkan materi, kemudian menyampaikan materi sampai memberikan contoh dalam materi tersebut. Dalam menyampaikan pembelajaran perlu di dukung dengan metode yang baik didalamnya metode yang digunakan dalam pengajian di Majelis Ta’lim Sirul Mubtadin mengunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3302 Perencanaan Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar 2023-08-30T11:56:41+00:00 Diana Safitri 30183688@student.ar-raniry.ac.id T. Zulfikar teuku.zulfikar@ar-raniry.ac.id Muzakir Muzakir muzakir.zabir@ar-raniry.ac.id <p>Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dewasa ini untuk meningkatkan kreativitas dan mempertajam analisis siswa tingkat sekolah dasar sebagai salah satu model pembelajaran yang menggantikan metode pembelajaran konvensional. Implementasi model ini membutuhkan perencanaan dan evaluasi yang tepat guna mencapai hasil maksimal. Dalam penelitian ini hendak melihat bagaimana perencanaan implementasi model discovery learning dan evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ishlah dan SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi model discovery learning dilakukan yaitu dengan menelaah komponen; a) memilih materi, b) menetapkan tujuan pembelajaran, c) menganalisis karakteristik peserta didik, d) menentukan topik dan tahapan pembelajaran, e) membuat intrumen penilaian proses dan butir soal. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan cara menganalisa hasil penilaian pada proses dan penilaian akhir.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3324 Analisis Profesionalitas Guru PAI Bersertifikasi Pendidik dalam Merancang Media Pembelajaran di SMP Kabupaten Aceh Jaya 2023-09-07T09:02:47+00:00 Fauziah Fauziah 201003033@student.ar-raniry.ac.id Nurbayani Nurbayani nurbayani@ar-raniry.ac.id Maskur Maskur maskur@ar-raniry.ac.id <p>Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih kurang menggunakan media pembelajaran. Guru melakukan kegiatan pembelajaran secara konvensional dengan metode ceramah, sehingga sebagian siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) profesionalitas guru PAI bersertifikasi pendidik dalam merancang media pembelajaran di SMP Kabupaten Aceh Jaya, (b) faktor pendukung profesionalitas guru PAI dalam merancang media pembelajaran di SMP Kabupaten Aceh Jaya dan (c) faktor penghambat profesionalitas guru PAI dalam merancang media pembelajaran di SMP Kabupaten Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 7 (tujuh) guru bersertifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru PAI bersertifikasi pendidik dalam merancang media pembelajaran dapat dilihat dari beberapa kemampuan guru selama proses perancangan media sampai tahap implementasi dalam kelas, diantaranya; guru mampu merancang media sesuai dengan KI-KD, guru mampu merancang media dengan kreatif sehingga menarik siswa untuk belajar, guru mampu merancang media interaktif yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini, guru mampu menerapkan pembelajaran menggunakan media dalam kelas secara menarik, dan guru mampu menerapkan media pembelajaran secara beragam yang disesuaikan dengan hasil rancangan media, namun masih ada sebagian guru yang menggunakan media konvensional seperti media seperti mendikte. Faktor pendukung profesionalitas guru PAI dalam merancang media pembelajaran selama ini lebih kepada ketersediaan komputer masing-masing guru, tersedianya <em>wifi </em>di setiap sekolah dan adanya pelatihan-pelatihan untuk menambah pengetahuan pendidik dalam merancang media. Faktor penghambat dalam perancangan media pembelajaran berbasis IT disebabkan minimnya pemahaman guru dalam mengaplikasikan komputer serta kurangnya fasilitas yang mendukung. Penghambat dalam perancangan media berbasis cetakan memerlukan waktu lebih lama serta ketersedian alat dan bahan yang kurang memadai.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3373 Korelasi Pencak Silat Tapak Suci Terhadap Sikap Nasionalisme Pada Siswa MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar 2023-09-18T12:33:10+00:00 Khairull Maghfirah 191003024@student.ar-raniry.ac.id Silahuddin Silahuddin silahuddin@ar-raniry.ac.id Hayati Hayati hayati.hayati@ar-raniry.ac.id <p>Pencak Silat Tapak Suci merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh beberapa siswa yang bertujuan untuk membentuk jiwa yang tangguh secara jasmani maupun rohani. Dengan mengikuti kegiatan Pencak Silat Tapak Suci dengan bagus, para siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap Nasionalisme terhadap Negaranya Indonesia. Dalam penelitian ini hendak melihat bagaimana Korelasi kegiatan Pencak Silat Tapak Suci terhadap sikap Nasionalisme siswa di MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. Metode syang sdigunakan dalam spenyusunan stesis sini sadalah spenelitian ssurvei sdengan spendekatan skuantitatif dan kualitatif. Waktu yang digunakan peneliti untuk penelitian ini dilaksanakan sejak 8 Juli 2023, Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Kabupaten Aceh Besar. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan yang mengikuti kegiatan pencak silat tapak suci dan sampel yang digunakan adalah 30 siswa yang aktif dalam pencak silat tapak suci. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling <em>(Proportionate stratified random sampling)</em>. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi Pencak Silat Tapak Suci Terhadap Sikap Nasionalisme Pada Siswa MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin bagus pelaksanaan Pencak Silat Tapak Suci maka semakin tinggi pula sikap Nasionalisme siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3440 IMPLIKASI PROGRAM UNGGULAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAIT AL-ARABIYAH BOARDING SCHOOL ACEH 2023-10-09T10:34:12+00:00 Muazzin Muazzin zinmuazzin941@gmail.com Muhibbuththabary Muhibbuththabary muhibbuthabry@ar-raniry.ac.id Hazrullah Hazrullah hazrullah@ar-raniry.ac.id Mohamad Khairi bin haji Othman m_khairi@uum.edu.my <p>Pendidikan Islam merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia yang berperan dalam mencapai kesuksesan dan keselamatan di dunia maupun akhirat. SMAIT Al-Arabiyah Boarding School merupakan sekolah yang masih baru berjalan selama 4 tahun dan telah menghasilkan satu angkatan alumni pada tahun 2022. Meskipun demikian, sekolah ini memiliki nilai tambah yang menarik perhatian masyarakat sebagai sekolah dengan program unggulan persiapan dini untuk melanjutkan studi di Timur Tengah, seperti bahasa Arab, Tahfiz al-Quran, pembinaan karakter, serta kursus bahasa Arab dan Inggris. SMAIT Al-Arabiyah Boarding School masih memiliki kekurangan dalam hal fasilitas, sarana prasarana, dan tenaga pendidik yang belum tersertifikasi. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana program unggulan yang diterapkan oleh SMAIT Al-Arabiyah Boarding School dan bagaimana implikasi program unggulan tersebut terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mutu pendidikan di SMAIT Al-Arabiyah Boarding School, jika dilihat dari output atau lulusannya, cukup berhasil. Namun, di sisi lain, masih diperlukan perbaikan terutama pada standar tenaga kependidikan dan sarana prasarana. Proses program unggulan yang dilakukan oleh sekolah ini terbukti cukup baik dalam meningkatkan mutu pendidikan, seperti yang terlihat dari hasil output lulusan yang mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri. Implikasi program unggulan tersebut antara lain kemampuan berbahasa Arab yang baik, kemampuan berinteraksi langsung dengan orang Arab, kemampuan membaca kitab-kitab gundul, kemampuan mengajarkan ilmu yang telah dipelajari, kemampuan menjadi imam dan khatib, kemampuan mengurus tajhiz janaiz, kemampuan menjadi seorang pemimpin, hafalan Al-Quran minimal 10 juz, dan implementasi akhlak Islami.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3441 Nilai-Nilai Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar 2023-10-09T16:26:37+00:00 Sovia Ariyani ariyanisovia97@gmail.com Saifullah Maysa saifullah.maysa@ar-raniry.ac.id Heliati Fajriah heliatifajriah@ar-raniry.ac.id <p>Aqiqah anak merupakan upacara keagamaan dan rasa syukur seorang hamba kepada Allah Swt. karena sudah dikarunia seorang anak. Dalam prosesnya ada penyembelihan hewan, yaitu dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan yang dilaksanakan ketika bayi masih berusia 7 (tujuh) hari dan merupakan waktu paling afdhal. Tesis ini menelaah permasalahan yaitu apa saja nilai-nilai edukatif dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar? Tesis ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan berlokasi di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Nilai edukatif tersebut adalah (1) Nilai agama yang terdiri dari nilai aqidah dalam prosesi penyembelihan kambing, pemberian nama, dan <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban, nilai ibadah dalam prosesi penyembelihan kambing dan <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban, dan nilai akhlak dalam prosesi pencukuran rambut, <em>peucicap</em> dan pemberian nama. (2) Nilai sosial dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, dan <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban. (3) Nilai Estetika dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, pemberian nama dan <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban. (4) Nilai Moral dalam prosesi dan prosesi <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban. (5) Nilai Budaya dalam prosesi <em>peucicap </em>dan prosesi <em>walimatul aqiqah</em> dan marhaban.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/3722 Implementasi Kurikulum Terintegrasi Pada Mata Kuliah Dasar-dasar Sains Islami di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2023-11-16T05:31:43+00:00 Maimun Sari maimunsariadhamy@gmail.com Hasan Basri hasan.basri@ar-raniry.ac.id Zulfatmi Zulfatmi zulfatmi_budiman@ar-raniry.ac.id <p>Implementasi kurikulum terintegrasi sudah diterapkan di beberapa perguruan tinggi salah satunya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains islami, kesesuaian kurikulum integrasi yang diterapkan pada mata kuliah Dasar-dasar Sains islami dengan kurikulum prodi Pendidikan Kimia serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Kimia. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah Ketua Prodi Pendidikan Kimia, dosen dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, telaah dokumen dan angket. Adapun teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, kemudian tampilan data (<em>display data</em>), pengolahan dan interpretasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan implementasi kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami sudah terlaksana dalam pemilihan model dan kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPS. Kesesuaian kurikulum yang diterapkan di prodi pendidikan kimia dengan kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami sudah terwujud. Hal ini dapat dilihat dari visi misi Universitas, Fakultas dan Prodi yang sudah linier dengan CPL dan CPMK Dasar-dasar Sains Islami. Adapun hambatan yang dialami oleh prodi yaitu buku yang disediakan masih terbatas, tidak pernah ada pelatihan dalam pengayaan agama, dan kurangnya SDM yang memahami pengintegrasian ilmu sains dengan Islam.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/4013 BIMBINGAN PARENTING BAGI WALI MURID (Kegiatan Pengabdian di Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya) 2023-12-28T11:15:15+00:00 Zulfatmi Zulfatmi zulfatmi.budiman@ar-raniry.ac.id Yuni Roslaili yuni.roslaili@ar-raniry.ac.id Vera Nova vera.nova@ar-arniry.ac.id Sarah Ulfah 211003005@student.ar-raniry.ac.id <p>Pengabdian ini untuk membimbing wali murid dibawah Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya tentang&nbsp; konsep parenting dalam perspektif Islam dan kajian Psikologi. Melalui kegiatan pengabdian “Bimbingan Parenting” para wali murid diharapkan memiliki kesadaran akan pentingnya setiap&nbsp; orang tua bersama pasangannya untuk dapat mendidik dan mengasuh anak sesuai dengan kaidah-kaidah parenting yang dijelaskan dalam Al Quran, al Hadits dan kajian psikologis . Sasaran pengabdian adalah&nbsp; wali murid di Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya. Metode pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu; 1) identify, 2) presentation, dan 3) discussion. Hasil pengabdian bahwa tahap identify menemukan masih terdapat sebagian guru dan wali murid yang&nbsp; belum begitu memahami konsep parenting dalam perspektif islam dan kajian psikologis. Pada tahap presentation, narasumber membimbing wali murid tentang konsep parenting dari perspektif al Qur’an dan al Hadits dan kajian psikologis, yang meliputi tujuan parenting, tahapan parenting, metode, prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam kegiatan parenting, dan akibat yang akan diperoleh jika orang tua tidak melaksanakan parenting dengan baik bagi anak-anak mereka. Sementara pada tahap discussion mendiskusikan tentang kasus-kasus problematis yang dialami keluarga dalam kehidupan sehari-hari dan usaha memberikan solusi terhadap problematika dalam kasus-kasus tersebut dalam perspekstif agama dan psikologi. Bimbingan ini dapat merupakan salah satu upaya menumbuhkan kesadaran bagi orang tua bahwa aktifitas mengasuh dan mendidik anak akan dapat dilaksanakan dengan baik jika para orang tua memahami konsep parenting dengan baik.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/4860 Efektifitas Peer Counseling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Antar Siswa 2024-05-20T12:51:58+00:00 Desi Desi 170213054@student.ar-raniry.ac.id Muslima Muslima muslima@ar-raniry.ac.id Mukhlis Mukhlis mukhlis@ar-raniry.ac.id Maulida Hidayati maulida.hidayati@ar-raniry.ac.id <p>Interaksi sosial adalah hubungan antara orang-orang secara individual, antar kelompok dengan kelompok, dan orang perorangan dengan kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain.&nbsp; Namun kenyataan yang terjadi masih terdapat siswa kelas VII yang memiliki interaksi sosial rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan interaksi sosial antar siswa dengan menggunakan layanan konseling teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial antar siswa dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan layanan peer counseling untuk meningkatkan interaksi sosial antar peserta didik pada kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mnggunakan eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttests Design.Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas VII. Dan teknik analisis data menggunakan ui normalitas dan ui N-Gain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang siswa dikelas VII&nbsp; yang memiliki interaksi sosial yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatakan interak sisosial antar siswa setelah melaksanakan layanan konseling teman sebaya.Perhitungan rata - rata skor kelompok eksperimen sebelum mengikuti kegiatan layanan konseling teman sebaya adalah 380 dan setelah mengikuti layanan konseling teman sebaya meningkat menjadi 661. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan postest dimana adanya peningkatan nilai sesudah diberikan penerapan layanan peer counseling ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan t hitung &gt;ttabel (27599&gt;1,,9431). Dari kesimpulannya adalah layanana peer counseling (konseling teman sebaya) dapat meningkatkan interaksi&nbsp; sosial siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0 https://journal.ar-raniry.ac.id/iconic/article/view/4891 Pendekatan Behavioral Untuk Pembentukan Perilaku Sosial Siswa 2024-05-27T15:57:08+00:00 Analisa Analisa 180213004@student.ar-raniry.ac.id Fakhri Fakhri Fakhri.yacob@ar-raniry.ac.id Annisa Apriliyanti Annisa.apriliyanti@ar-raniry.ac.id Nuzliah Nuzliah nuzliah.jamaluddin@ar-raniry.ac.id <p>Perilaku sosial merupakan suatu tindakan yang ditujukan oleh seseorang kepada orang lain. Perilaku sosial yang dimaksud peneliti adalah perilaku sosial siswa (menyimpang) seperti memukul tanpa sebab, suka berbicara kasar, suka menjahili teman, sering melanggar aturan sekolah, tidak mengucapkan salam ketika masuk kelas, membolos, tidak mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan, berbicara dengan kalimat tidak sopan kepada guru dan lain sebagainya. Perilaku sosial (menyimpang) adalah suatu tindakan yang melanggar aturan serta norma-norma yang berlaku disekolah sehingga berdampak pada perkembangan tingkah laku serta prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan behavioral dalam membentuk perilaku sosial siswa SMP Negeri 1 Baitussalam. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku sosial siswa ditinjau dari 3 indikator, yaitu kecenderungan perilaku peran, kecenderungan perilaku dalam hubungan sosial, dan kecenderungan perilaku ekspresif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian sebanyak 10 siswa yang di dapatkan dari hasil uji pretest dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert untuk mengukur tingakt perilaku sosial siswa. Penyebaran angket dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Setelah memperoleh data, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh menujukkan bahwa pendekatan behavioral untuk pembentukan perilaku sosial siswa memperoleh nilai t hitung sebesar 5.511 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1.833 (5.511&gt; 1.833) dan tingkat signifikansi two-tail (2-tailed) sebesar 0.03 lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0.05 yaitu (0.03 &lt; 0.05). Artinya, terjadi peningkatan pada perilaku sosial sehingga hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan pendekatan behavioral dapat membentuk perilaku sosial siswa.</p> 2023-01-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 0