Manajemen Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di Madrasah

Authors

  • Zulfan Zulfan Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Mujiburrahman Mujiburrahman Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Husnizar Husnizar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Taḥfīzul Qur’an

Abstract

Manajemen dapat diartikan sebagai sebuah proses khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan; perencanaan, pengorganisasian, penggiatan, dan juga pengawasan. Dalam bidang pendidikan, termasuk lembaga taḥfīz implementasi manajemen dalam meningkatkan mutu menghafal Al-Qur’an juga sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran taḥfīz al-Qur’an, efektifitas manajemen dan tantangan implementasi pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di Pesantren Sulaimaniyah lebih baik dibandingkan dengan MUQ Pidie dan Efektifitas manajemen pembelajaran terhadap peningkatan mutu taḥfīz al-Qur’an di MUQ Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar sangat berdampak positif terhadap peningkatakan taḥfīz al-Qur’an yang sedang dilaksanakan. Adapun peluang dan tantangan implementasi pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di MUQ Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar antara lain peluangnya adalah dapat meningkatkan mutu lembaga yang lebih berkualitas di masa mendatang, dan ini menjadi tolak ukur bagi lembaga lain dalam pelaksanaan taḥfīz al-Qur’an, serta memiliki daya tarik tersendiri bagi rekrutmen SDM yang lebih luas. Sedangkan tantangan implementasi adalah masih belum memadainya jumlah guru pengajar, sehingga ini menjadi suatu hambatan.

Downloads

Published

2022-01-01

Issue

Section

Articles