KORELASI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP IT ABQARI
Keywords:
Kata Kunci: Dukungan Orang tua, Prestasi BelajarAbstract
Anak adalah anugerah sekaligus amanah. Allah menitipkannya untuk dididik dan dibina menjadi manusia seutuhnya. Mendidik anak adalah tugas yang sangat mulia. Dukungan orang tua merupakan bagian terpenting dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik usai mengikuti proses pembelajaran, terutama pada pendidikan agama. Wujud perhatian orang tua terhadap anak dalam upaya membantu anak mencapai prestasi berupa mendorong anak dengan berbagai cara. Dari hasil penjajakan awal yang penulis lakukan pada peserta didik di SMP Abqari, diketahui bahwa prestasi belajar yang dicapai sebagai peserta didik di SMP ini masih rendah. Hal ini diduga karena kurangnya perhatian dari orang tua terhadap belajar siswa di rumah. Berdasarkan dari observasi yang penulis lakukan, beberapa orang siswa yang menyatakan bahwa orang tua mereka jarang sekali mengawasi ataupun menemani mereka belajar di rumah. Jadi, dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai sebagian peserta didik di SMP Abqari. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk korelasi dukungan orang tua terhadap prestasi belajar di SMP IT Abqari kota Subulussalam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif korelasional. Penelitian korelasional merupakan penelitian yang melihat hubungan natara satu atau beberapa perubahan dengan satu atau beberapa ubahan lain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengadministrasikan angket yang dirancang sesuai dengan pernyataan penelitian yang mengungkapkan tentang dukungan orangtua siswa di SMP IT Abqari. Teknik Analisis Data yaitu menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Dukungan orangtua secara umum berada pada kategori tinggi. Artinya, bentuk perhatian yang diberikan orangtua terhadap anaknya berada pada tingkat lebih diatas rata-rata. (2). Prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Artinya siswa sudah mampu untuk mencapai nilai yang tinggi dari usaha sendiri dan dukungan orangtua. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara bentuk perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa. Artinya semakin tinggi perhatian orangtua, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah bentuk perhatian orangtua, maka semamin rendah juga prestasi belajar siswa.