Pelaksanaan Pembelajaran Baca Al-Quran Santri TPQ Dayah Darul Mufadzal Al-Aziziyah Melalui Metode Baghdadiyah

Authors

  • Hafidhah Hafidhah Magister PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Sri Suyanta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Misnawati Misnawati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Pelaksanaan, pembelajaran, Baca Al-Quran, Baghdadiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan santri serta hasil pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode Baghdadiyah di TPQ Dayah Darul Mufadzal Al-Aziziyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan sumber dari data yang diperoleh langsung dari informan penelitian yaita 2 orang ustaz melalui wawancara dan observasi. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif dengan proses tahapan reduksi, display dan mengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam pembelajaran Al-Quran menggunakan metode Baghdadiyah adalah dengan menyimak satu persatu. Jika ada santri belum bisa mengeja, guru mengulang kembali bacaan sampai santri bisa. Hasil pembelajaran baca Al-Quran dengan metode Baghdadiyah bahwa santri mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta dapat mempermudah santri dalam menghafal Al-Qur’an.

Downloads

Published

2022-01-01

Issue

Section

Articles