Pengembangan Penilaian Psikomotorik Untuk Peningkatan Kualitas Praktik Shalat Siswa MTsN Rukoh
Keywords:
Pengembangan, psikomotorik, penilaian, praktikAbstract
Instrumen penilaian psikomotorik materi praktik salat lima waktu yang digunakan oleh pendidik di MTsN 4 Rukoh dalam melihat keterampilan praktik salat peserta didik masih bersifat umum dan digunakan untuk seluruh praktik. Hal ini mengakibatkan terbatasnya pemetaan aspek psikomotorik yang lebih sepesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian psikomotorik dalam peningkatan kualitas praktik salat peserta didik, untuk mengetahui hasil validitas instrumen penilaian psikomotorik praktik salat dan untuk mengetahui uji coba instrumen penilaian psikomotorik praktik salat. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli instrumen dan ahli materi, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket validasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar instrumen penilaian psikomotorik. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain instrumen penilaian menghasilkan instrumen penilaian psikomotorik materi praktik salat lima waktu, hasil validasi dari ahli materi dengan persentase (85.93%) kategori sangat layak, dan hasil validasi dari ahli instrumen dengan persentase (95.8%) kategori sangat layak, hasil validasi pendidik dengan persentase (91.84%) kategori sangat layak, dan uji coba produk terhadap peserta didik masing-masing dengan persentase (83.8%) dan (88.4%) kriteria sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik praktik salat dalam peningkatan kualitas salat sangat layak digunakan sebagai instrumen penilaian belajar siswa kelas VII MTsN 4 Rukoh