INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA MATERI IKATAN KIMIA

Authors

  • Muammar Yulian UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/amina.v2i2.790

Keywords:

Internalisasi, Ikatan Kimia, Ikatan Ion, Ikatan Kovalen

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang berkelanjutan dan tidak semata bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi pada aspek pengetahuan namun juga memiliki kompetensi sosial serta berkarakter dalam menghadapi tantangan masa depan yang serba kompleks. Pembentukan karakter tersebut diantaranya dapat dilakukan melalui internalisasi nilai-nilai Islam pada materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai Islam yang dapat diinternalisasikan pada materi ikatan kimia, sehingga berperan dalam membentuk karakter yang mulia sebagai pribadi yang paripurna. Konsep unsur-unsur saling berikatan untuk memenuhi kaidah oktet atau duplet dalam mencapai kestabilan merupakan isyarat ilmiah akan kebenaran firman Allah dalam surat Az-Dzariat ayat 49. Konsep ikatan kimia ini juga mengandung pesan jika kestabilan atau ketenteraman dalam hidup ini akan lebih mudah kita peroleh dengan menjalin ikatan silaturrahim dengan sesama. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi tentang keutamaan menjalin silaturrahim yang akan memperoleh kelapangan rezeki dan memperpanjang usia. Ikatan ion yang terbentuk akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dan ion negatif memberikan isyarat bagi kita agar dapat menghargai perbedaan serta dapat menyatukan dan mengisi kelebihan dan kekurangan masing-masing menjadi sebuah potensi yang lebih baik. Adapun pemakaian pasangan elektron secara bersama baik pada ikatan kovalen maupun kovalen koordinasi mengajarkan kepada kita untuk bersikap dermawan.

References

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1): 1-26.

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmara, A.P. (2016). Kajian Integrasi Nilai-Nilai Karakter Islami Dengan Kimia Dalam Materi Kimia Karbon. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 1-11.

Bukhari, I. (1992). Shahih Bukhari. Terjemahan. Jakarta: Widjaya.

Chang F., & Munoz M. A. (2006). School personnel educating the whole child: Impact of character education on teachers’ self-assessment and student development. J Pers Eval Educ, 19, 35-49.

Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Pustaka Al-Fadilah.

Khoiruddin, A. (2017). Sains Islam Berbasis Nalar Ayat-ayat Semesta. At-Ta’dib, 12(1), 195-217.

Mariana D. Naan & Tamami. (2019). Sedekah Sebagai Kekuatan Spiritual (Studi Kasus pada Komunitas Yuk Sedekah Bandung). Jurnal Syifa Al-Qulub. 4(1), 9–19.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oxtoby W., Gillis & Norman H. N. (2010). Prinsip-Prinsip Kimia Modern Edisi ke-4. Jakarta: Erlangga.

Poerwadarminta, W. J. S. (2009). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, A. (2011). Ayat-Ayat Semesta: Sisi-Sisi Al-Qur’an Yang Terlupakan. Bandung: Mizan.

Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1-16. doi: https://doi.org/10.21009/JRPK.081.1

Ramdhani, A.I., Vebrianto R., & Anwar A. (2020). Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Instructional Development Journal (IDJ), 3(3), 188-202.

Setiawan, B. (2015). Infaq Dalam Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 261. Jurnal Islamic Banking, 1(1):59-66.

Sofian, M., Syamsuwir., & Amril, D. (2019). Penafsiran Ayat-Ayat Zakat Oleh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi dalam Buku Fadhilah Sedekah. Jurnal Istinarah, 1(2).

Downloads

Published

2022-02-20

Issue

Section

Articles