ANALISIS KADAR COD (CHEMICAL OXYGEN DEMAND) DAN TSS (TOTAL SUSPENDED SOLID) PADA LIMBAH CAIR DENGAN MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER UV-VIS

Authors

  • Muhammad Ridwan Harahap UIN Ar-Raniry
  • Lola Dhea Amanda Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Asrul Hakim Matondang PT. Kawasan Insustri Nusantara, Sei Mangke, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22373/amina.v2i2.772

Keywords:

Limbah, COD, TSS, Tenant

Abstract

Chemical Oxygen Demand (COD) dan Total Suspended Solid atau padatan tersuspensi total (TSS) merupakan parameter monitoring wajib dari hasil pengolahan limbah cair sebelum dibuang ke lingkungan. COD adalah jumlah oksigen yang diperlukan agar senyawa organik yang ada di dalam air limbah dapat teroksidasi melalui reaksi kimia. TSS adalah residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2 µm atau lebih besar dari ukuran partikel koloid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kadar COD dan TSS pada limbah cair dengan menggunakan metode spektrofotometer UV-Vis. Sampel air limbah yang dianalisis berasal dari air limbah hasil olahan/Waste Water Treatment Plant (WWTP) dan air limbah tenant pada PT. X. Hasil analisis menunjukkan bahwa air limbah hasil olahan (WWTP) menunjukkan kadar COD sebesar 81 mg/L dan TSS sebesar 140 mg/L dibawah baku mutu sesuai dengan PerMenLH No. 3 Tahun 2010 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Kawasan Industri. Sedangkan kadar COD sebesar 2168 mg/L dan TSS sebesar 750 mg/L pada air limbah tenant sehingga melebihi baku mutu yang telah ditentukan oleh PT. X melalui tata tertib kawasan industri.

References

Agustira, R., Lubis, K. S., & Jamilah. (2013). Kajian Karakteristik Kimia Air, Fisika Air dan Debit Sungai pada Kawasan Das Padang Akibat Pembuangan Limbah Tapioka. Jurnal Online Agroekoteknologi, 1(3), 2337-6597.

Eddy. (2008). Karakteristik Limbah Cair. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 2(2), 20.

Kusuma, W. (2017). Penurunan TSS, Turbiditas, dan COD pada Air Limbah. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(1), 21-18.

Oliveira, G. R. (2010). Analisis Kadar COD Air Limbah Industri. Jurnal Teknik Kimia, 11(1), 208-214.

Rachmawati, S. (2017). Analisis Penurunan Kadar COD Air Limbah Industri. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(2), 64-68.

Rinawati, R., Hidayat, D., Suprianto, R., & Dewi, P. S. (2016). Penentuan Kandungan Zat Padat (Total Dissolve Solid Dan Total Suspended Solid) di Perairan Teluk Lampung. Analytical and Environmental Chemistry, 1(1), 36–45.

Risdianto, D. (2007). Optimisasi Proses Koagulasi Flokulasi Untuk Pengolahan Air Limbah Industri Jamu ( studi kasus pt. sido muncul ).

Sutrisno & suciastuti, (2011). Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta: rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-02-20

Issue

Section

Articles