ANALISA FLASH POINT UNTUK MENENTUKAN KUALITAS OIL TURBOLUBE

Authors

  • Khairun Nisah Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Dhien Maharani Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/amina.v4i3.5534

Keywords:

Flash point, Oil turbule, Suhu tinggi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran analisis flash point dalam menilai kualitas Oil Turbolube. Flash point, sebagai indikator penting, digunakan untuk menentukan tingkat kestabilan dan kemampuan oli dalam menahan suhu tinggi sebelum terjadi penguapan cepat. Studi ini menguraikan pentingnya flash point dalam menilai performa dan keandalan Oil Turbolube dalam lingkungan suhu tinggi, mempertimbangkan dampaknya terhadap kinerja mesin dan sistem yang menggunakan oli ini. Metode analisis flash point sebagai alat evaluasi kualitas oli diperinci untuk mendukung pemahaman tentang cara optimal untuk menilai dan mempertahankan kinerja oli dalam aplikasi Turbolube.  Dengan mendasarkan fokus pada parameter flash point, artikel ini memberikan wawasan yang berguna bagi industri dan pemeliharaan mesin terkait penggunaan Oil Turbolube yang efektif dan efisien. Kualitas dari oil Turbolube Pertamina XT 32 yang telah dianalisa memiliki range 241 sampai 249 dengan rata-rata 245,85. Dimana hasil ini memenuhi spesifikasi.

References

Candra D, R, Y, dkk (2022). Jaminan Mutu pada Pengujian Pour Point ASTM D-97, Flash Point PMcc ASTM D93 dan Viskositas Kinematik ASTM
D-445 di Laboratorium Minyak Bumi PPSDM Migas Cepu. IJCR (Indonesian Journal of Chemical Research). Vo[7(1).
Effendy, M.S., & Adawiyah, R. (201 4). Penurunan Nilai Kekentalan Akibat Pengaruh Kenaikan Temperatur Pada Beberapa Minyak Pelumas.
Jurnal INTEKNA, 24(1), 4.
Harahap, M. R., Mursidah., & Alfiatunnisa. (2021). Analisa Kadar Air dan Flash Point Pada Sampel Pelumas Bekas di PT. Pupuk Iskandar Muda. AMINA 3 (1).
Liu, X., & Liu, Z. (2010). Research Progress on Flash Point Prediction. Journal of Chemical & Engineering Data, 55(9), 2943.
Maulida, R. H., & Rani, E. (2010). Analisa Karakteristik Pengaruh Suhu dan Kontaminan Terhadap Viskositas Oli Menggunakan Rotary Viscometer. Jurnal Neutrino, 3(1), 19-20.
Ningsih, T. D. (2017). Pengaruh Blending Minyak Nabati Pada Pelumas Dari Minyak Mineral Terhadap Stabilitas Oksidasi dan Ketahanan Korosi
Logam. KONVERSI, 6(1), 7.
Risnoyatiningsih, S. (2010). Biodisel From Avocado Seeds By Transesterification Process. Jurnal Teknik Kimia, 5(1), 350.
Sari, D. K., & Nopitasari. (2018). Perbandingan Kualitas Pelumas Motor 4T Di Palembang Dengan Parameter Uji Specific Gravity, Kinematic Viscosity, Flash Point, Pour Point, Total Acid Number (TAN) dan Vacuum Distillation. Jurnal Teknik Patra Akademia, 9(1), 40

Downloads

Published

2024-07-31