UJI KUALITAS AIR BOILER PADA PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT DI PT. X

Authors

  • Willa Volara Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Reni Silvia Nasution Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/amina.v3i1.1961

Keywords:

Boiler, Kualitas air boiler, pabrik minyak kelapa sawit

Abstract

Boiler adalah suatu bejana yang berisi air dimana secara terus menerus air itu diuapkan dan membentuk steam yang digunakan sebagai tenaga penggerak turbin. Untuk menghindari terbentuknya kerak dan korosi pada pipa yang akan menurunkan efesiensi  boiler, maka diperlukan perawatan yang khusus pada air boiler  yaitu berupa parameter pH, Silika (SiO2) dan total disolved solids (TDS). Penelitian ini dilakukan selama 7 hari dimulai dari tanggal 21–27 januari 2022. Metode analisis dilakukan dengan metode spektrofotometri, pH meter dan TDS meter. Hasil yang didapat pada analisis kadar pH yaitu 10,5-10,9, pada silika (SiO2) yaitu 20-40 ppm dan pada total dissolved Solidss (TDS) yaitu 691 – 736 ppm.

References

Arba’aina, M. (2019). Analisa pH, TDS, Kesadahan dan Alkalinitas pada Air Umpan Boiler dari Pabrik Kelapa Sawit Bah Jambi, Dolok Sinumbah dan Ajamu yang di Analisa di PT. Perkebunan Nusantara IV Medan.
Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Feriyanto, Y.E. (2018) Kontaminan Silica Dan Penanganannya. Surabaya : Best Practice Experience In Power Plant.
Gultom, I. M. (2017). Analisa Kadar Silika Pada Air Umpan Ketel Dan Air Boiler Dengan Alat Lovibond Di Pks Pt. Perkebunan Nusantara Iv Unit Usaha Mayang. Universitas Sumatera Utara.
Muktar, A. & Sepdeya, R. (2020,). Analisis Penurunan Kualitas Air Ketel Guna Menunjang Performa Ketel Bantu Di MV. Tangguh Sago. In Prosiding Seminar Pelayaran dan Teknologi Terapan 2, (1). 148-154.
Pardamean, M. (2014). Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swadaya.
Surry, A. & Yulida A. (2019). Analisis Kuantitatif Air Boiler di PT. Sisirau Aceh Tamiang. Jurnal Kimia Sains dan Terapan vol.1, (2).

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles