ANALISIS KADAR AIR DAN MINYAK DALAM SAMPEL PRESS FIBRE DAN KADAR ASAM LEMAK PADA CPO (CRUDE PALM OIL) DI PMKS PT. X

Authors

  • Muhammad Ridwan Harahap UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Annisa Amnur Agustania UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Sahri Agustiar PT. Sisirau Aceh Tamiang, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/amina.v2i3.1183

Keywords:

Fiber, CPO, Asam Lemak Bebas, Air, Minyak

Abstract

Fiber merupakan limbah sawit yang dihasilkan dari hasil pemerasan buah sawit pada saat proses press, CPO merupakan salah satu produk perkebunan Indonesia yang digunakan sebagai bahan baku minyak goreng. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak kadar minyak dan air yang masih ada di dalam fiber dan untuk mengetahui kadar asam lemak bebas yang terkandung di dalam CPO. Penelitian ini diawali dengan pengambilan sampel fiber dan CPO pada PMKS PT. X, analisis kadar minyak dan air dan penentuan kadar asam lemak bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehilangan minyak sudah sesuai dengan standar baku mutu yaitu <0,40 g sedangkan kadar air yang didapat tidak sesuai dengan standar baku mutu yaitu >30%. Kadar asam lemak pada CPO telah sesuai dengan standar baku mutu yaitu <5,0% sehingga CPO pada PMKS PT. X layak digunakan sebagai bahan baku minyak goreng.

References

Dahlia, N., Winda R., dan Thamrin U. (2019). Adsorpsi Asam Lemak Pada Crude Palm Oil Menggunakan Zeolit Teraktivitasi K2CO3. Indonesian Journal Of Pure and Applied Chemistry. 2(3).

Diniaty, D., Faridah H., dan Muhammad I. H. (2019). Analisis Pengendalian Mutu (Quality Control) CPO (Crude Palm Oil) pada PT. XYZ. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam bidang Teknik Industri. 5(2).

Elmas, M. S. H. (2017). Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statisical Quality Control (SQC) untuk Meminimumkan Produk Gagal pada Toko Roti Barokah Bakery. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA. 7(1).

Hasballah, T., dan Siahaan E.W. B. (2018). Pengaruh Tekanan Screw Press pada Proses Pengepresan Daging Buah Menjadi Crude Palm Oil. Jurnal Darma Agung. 26(1).

Ifa, L., Adil A., Muhammad F., dan N. Nurjannah. (2018). Penurunan Kadar Asam Lemak Bebas Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Absorben (Zeolit dan Bioarang Sekam Padi). Journal Of Chemical Process Engineering .3(2).

Jaeba, K. A., Ega T. L., dan Muhammad I. A. (2021). Oil Losses Pada Fibre from Press Cake di PT. AMP Plantation Unit POM. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis. 3(1).

Maulinda, L., Nasrul ZA., dan Nurbaity. (2017). Hidrolisis Asam Lemak Dari Buah Sawit Sisa Sortiran. Jurnal Teknologi Kimia Unimal. 6(2).

Parinduri, L. (2016). Analisis Pemamnfaatan Biomassa Pabrik Kelapa Sawit Untuk Sumber Pembangkit Listrik.

Rifin, A. (2017). Efisiensi Perusahaan Crude Palm Oil (CPO) Di IndonesiaJurnal Manajemendan Agribisnis. 14(2). 104.

Saragih, G.M., Hadrah, dan Rahmat, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Limbah Padat Pabrik Kelapa Sawit menjadi Bahan Bakar PLTU. Jurnal Daur Lingkungan. 3(2).

Siswanto J, E. (2020). Analisis Limbah Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Boiler dengan Menggunakan Variasi Campuran Antara Fiber dan Cangkang Buah Sawit. Journal of Electrical Power Control and Automation. 3(1).

Wahyudi, J., dan Renjani, R. A. (2012). Analisis Oil Losses Pada Fiber dan Broken Nut di Unit Screw Press dengan Variasi Tekanan.

Yunita, N. (2018). Analisis Tekana Pada Stasiun Screw Press Terhadap Kehilangan Minyak Dalam Ampas Press di PKS PTPN IV Unit Adolina-Perbaungan. Medan: Politeknik Teknologi Kimia Industri.

Downloads

Published

2022-02-23