Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP
Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran AIRAbstract
Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Namun berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya karena guru masih terpaku pada buku teks dan cara pengajaran matematika yang terbiasa dengan penyajian materi, sehingga belum memungkinkan untuk menumbuhkan atau mengembangkan kemampuan siswa secara optimal. Oleh karena itu sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang aktif supaya mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat menyelesaikan permasalahan kemampuan representasi matematis siswa adalah model pembelajaran AIR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran AIR. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan dessain pre test-post test control group design. Pengambian sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model AIR lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceeding of International Conference on Mathematics and Physics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.