Penerapan Metode IMPROVE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Novja Mulyati Pendidikan Matematika, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Zainal Abidin Pendidikan Matematika, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Darwani Pendidikan Matematika, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

IMPROVE, Kemampuan Komunikasi Matematis , Practicing Reviewing, reducing difficulties Obtaining master Verification , Enrichment, concepts Metacognitive questioning

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang dipelajari disetiap jenjang pendidikan, matematika sangat berperan penting, tampak pada keterkaitan matematika dalam kehidupan manusia, kegiatan dikehidupan sehari-hari tersebut membutuhkan komunikasi antara beberapa aktivitas didalam menyeselesaikan persoalan matematis, karena dengan komunikasi siswa dapat bertukar ide, baik di antara siswa sendiri maupun di antara siswa dengan guru dan lingkungannya. Namun, fakta di lapangan menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong masih rendah. Hasil UN tahun 2017 dalam pelajaran matematika, Aceh menduduki peringkat 22 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan mengunakan metode pembelajaran IMPROVE lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini mengunakan Quasi Eksperimen, desain yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-test Post-test Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memahami dan mengungkapkan ide-ide matematika melalui tulisan dari suatu konsep baru yang diberikan, kemudian menggunakan representasi matematika dan menyelesaikan masalah melalui perhitungan untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan metakognitif , dan siswa Menafsirkan informasi (penarikan kesimpulan) dengan mempresentasikan kepada kelompok lain. Tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode IMPROVE mencapai kemampuan level berfikir tingkat 2 dengan memenuhi indicator memahami dan menerapkan materi bangun ruang sisi datar.

Downloads

Published

2025-01-31