Deskripsi Peran Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP
Keywords:
Model Pembelajaran, Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan peran model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan enam siswa SMPN 16 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama sedangkan pedoman wawancara dan lembar soal tes sebagai instrument pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes tulis. Analisis data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Guided Discovery Learning memberikan peran yang baik terhadap kemampuan pemahamaan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu terdapat 1 orang berkategori sangat tinggi, 2 orang berkategori tinggi, 2 orang berkategori sedang, dan 1 orang berkategori rendah. Sehingga rata-rata yang diperoleh dari ke enam siswa tersebut adalah 82% dan berkategori tinggi. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Guided Discovery Learning baik diterapkan pada materi lingkaran atau materi tertentu lainnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceeding of International Conference on Mathematics and Physics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.