Pemasaran Politik PKS Pada Pemilu Kabupaten Bandung Tahun 2024

Authors

  • Rafli Nurochman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Farhan Zaqie Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ihsan Fadilah Al-Rasyid UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Marketing, Pasar, Produk, Target Potensial, Partai.

Abstract

Dalam penelitian terkait marketing (pemasaran) politik ini tertuju kepada Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bandung sebagai objek utama dalam observasi ini. Dengan bertujuan untuk mengetahui apakah Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bandung melakukan kegiatan pemasaran politik, strategi dan perencanaan seperti apa yang dilakukan PKS Kabupaten Bandung dalam menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 2024 serta mengetahui bagaimana PKS Kabupaten Bandung melakukan proses Bauran Marketing politik pada pemilihan kepala daerah tahun 2024. Dalam proses meneliti objek observasi artikel ilmiah ini menggunakan metode kualitatif berbasis analisis deskriptif dalam mengkaji serta memperkuat validasi data yang dihasilkan. Hasil dari observasi ditemukan bahwa Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bandung melakukan proses pemasaran politik, perencanaan dan strategi hingga pengimplementasian Bauran Marketing Politik secara rinci dengan mengedepankan perencanaan dan target potensial sebagai sasaran utama serta mempertahankan hubungan jangka panjang dengan konstituen, sekaligus bentuk keselarasan antara teori manajemen pemasaran dan fakta di lapangan.

Author Biographies

Muhammad Farhan Zaqie Maulana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Politik

Muhammad Ihsan Fadilah Al-Rasyid, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Politik

References

Budiardjo, M. (2003). Dasar-dasar ilmu politik. Gramedia pustaka utama.

Dinata, R. A., & Andriyani, L. (2022). Strategi Kampanye Politik Partai Keadilan Sejahtera dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kota Depok. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 37–46.

Fatmawati, A. (2018). POLITICAL BRANDING “SOBAT MUSTAFA” DALAM PEMBENTUKAN CITRA MUSTAFA SEBAGAI BAKAL CALON GUBERNUR LAMPUNG PERIODE 2018-2023.

Firmanzah, D. N. (2012). Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-2 SMAN 8 Malang. Universitas Negeri Malang.

Gatara, S. (2009). Ilmu politik memahami dan menerapkan. Bandung: Pustaka Setia.

Jannati, S., & Sinaga, J. B. B. (2024). PEMASARAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2024. IPDN.

Joko, diwawancarai oleh Rafli Nurochman, Muhammad Farhan Zaqie Maulana, November

, Kantor PKS Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta.

Lees-Marshment, J. (2019). Marketing scholars and political marketing: the pragmatic and principled reasons for why marketing academics should research the use of marketing in the Political Arena. Customer Needs and Solutions, 6(3), 41–48.

Oktaviani, L. (2015). Pengaruh Kampanye Hitam Melalui Media Massa Terhadap Pilihan Pemilih Pemula Pada Pilpres 2014 (Studi Pada Dusun Purworejo Dan Srirejo Kelurahan Branti Raya Kecamatan Natar). Diss. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik,.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Rafli Nurochman, Muhammad Farhan Zaqie Maulana, & Muhammad Ihsan Fadilah Al-Rasyid. (2025). Pemasaran Politik PKS Pada Pemilu Kabupaten Bandung Tahun 2024. As-Siyadah, 5(1), 44–57. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/Assiyadah/article/view/6265